Liverpool Kalah 1-2 dari Leeds United

Ekspresi pemain Liverpool Jordan Henderson usai dikalahkan Leeds United pada laga Liga Inggris di Anfield, Liverpool, Inggris (29/10/2022). Bermain di kandang, Liverpool keok 1-2 lawan Leeds United. ANTARA FOTO/REUTERS/Phil Noble/aww.

JAKARTA – Liverpool harus menelan kekalahan 1-2 di kandang sendiri dari Leeds United dalam matchday ke-14 Liga Inggris di Anfield, Liverpool pada Minggu 30 Oktober 2022 dini hari.

Leeds unggul cepat lewat gol Rodrigo Moreno, sebelum disamakan Mohamed Salah. Crysencia Summerville mencetak gol kemenangan bagi Leeds pada menit ke-89, dikutip dari data Liga Inggris.

Kekalahan ini merupakan yang keempat bagi Liverpool musim ini dan membuat mereka duduk di posisi kesembilan klasemen Liga Inggris dengan 16 poin dari 12 laga. Leeds naik ke posisi ke-15 dengan 12 poin.

Leeds secara mengejutkan memimpin duluan di menit ke-4. Ini berawal dari kesalahan backpass Joe Gomez. Ia tidak melihat posisi Alisson Becker yang jauh dari bola dan Rodrigo merebutnya sebelum menceploskan ke gawang kosong. Skor menjadi 1-0.

Gol itu membuat Liverpool bernafsu mengejar ketertinggalan dan Roberto Firmino nyaris menyamakan skor pada menit ke-13 andaikan sepakan jarak dekatnya tidak dibendung Illan Meisler.

BACA JUGA:   Turnamen Mini Soccer, Tim SMPN 3 Sampit Bertemu SMPN 4 Cempaga di Semifinal

Liverpool baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-14. Umpan silang Andrew Robertson disambut sepakan voli kaki kiri Mohamed Salah yang menembus jala Meisler. Skor menjadi 1-1/

Leeds hampir memimpin lagi pada menit ke-21 andaikan umpan silang Rasmus Kristensen yang disambut sepakan Brendan Aaronson tidak mengenai tiang gawang Alisson.

Semenit kemudian giliran Rodrigo yang punya kans untuk mencetak gol, tetapi Alisson dapat menepis bola tendangannya.

Pada menit ke-32, Darwin Nunez mendapat bola dari umpan silang Trent Alexander-Arnold dan tinggal berhadapan dengan Meisler. Sayangnya, saat hendak mengeksekusi bola, penyerang asal Uruguay itu kalah cepat sehingga Meisler mampu membuang dengan kakinya.

The Reds nyaris mencetak gol pada menit ke-44. Umpan silang Robertson mengenai badan pemain Leeds dan nyaris masuk ke gawang, sebelum akhirnya melebar. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Liverpool masih menguasai jalannya laga tetapi mereka tetap kesulitan untuk menjebol gawang Leeds. Satu kans didapat Salah pada menit ke-58 lewat sepakan keras yang masih melayang di atas mistar.

BACA JUGA:   Turnamen Mini Soccer, Tim SMPN 3 Sampit Bertemu SMPN 4 Cempaga di Semifinal

Meslier jadi tembok kukuh untuk Leeds karena dia menggagalkan peluang emas Liverpool pada menit ke-67. Kali ini Nunez yang mendapat bola dari Salah dan tinggal berhadapan dengan kiper asal Prancis itu, tetapi bola sepakannya bisa diblok.

Nunez kembali dapat kans pada menit ke-79 untuk melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Bola mengarah ke pojok atas gawang, tetapi Meslier melakukan penyelamatan luar biasa.

Liverpool kebobolan gol kedua pada menit ke-89 oleh gol Crysencio Summervile. Lini belakang Liverpool tidak bisa menghalau serangan Leeds dari sisi kiri.

Bola berakhir di kaki Summervile yang meski dikawal dua pemain lawan, mampu melepaskan sepakan ke tiang jauh tanpa bisa dihalau Alisson.

Skor 2-1 bertahan hingga pertandingan usai. Leeds berhasil mencuri tiga poin di kandang Liverpool.

(ANTARA)