Gubernur Apresiasi Bupati Lamandau Cepat Tangani Banjir

ANDRE/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran bersama Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat meninjau gudang penyimpanan bantuan bagi warga terdampak banjir.

NANGA BULIK – Penanganan banjir yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau dan jajaran mendapat apresiasi Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran.

Hal itu disampaikanya saat melakukan kunjungan kerja sekaligus memantau kondisi warga terdampak banjir di Kabupaten Lamandau. Minggu 30 Oktober 2022.

“Saya salut dengan Pak Bupati (Hendra Lesmana). Beliau langsung bergerak cepat menanggulangi banjir di Kabupaten Lamandau,” kata Gubernur.

Dikatakan Gubernur, langkah cepat dengan segera menetapkan status darurat bencana di Kabupaten Lamandau dinilai sangat tepat. Pun demikian dengan gerak cepat penyaluran bantuan kepada para warga terdampak banjir.

“Pak Bupati rela berendam dalam air banjir saat menyalurkan bantuan. Pemimpin yang bagus, tidak hanya beri perintah, tetapi juga action,” Sebutnya.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai itu juga mengapresiasi komitmen Pemkab Lamandau dalam penanganan paska banjir dengan kembali menyalurkan bantuan termasuk penanganan kesehatan.

Gubernur mengatakan, penanganan bencana banjir di Kalteng harus dilakukan secara bersama oleh semua pihak. Bahkan, dia meminta seluruh bupati/wali kota bergeraka cepat untuk membantu masyarakat yang terdampak musibah, baik banjir dan musibah lainnya.

“Kolaborasi, sinergi dan kerjasasama harus terus kita tingkatkan dalam penanganan bencana. Saya minta semua kepala daerah bergerak cepat,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Lamandau Hendra Lesmana menjelaskan, setelah penetapan status darurat bencana, Pemkab setempat langsung mendirikan posko penanganan bencana banjir, puting beliung dan tanah longsor (Batingsor) yang menempati gedung serba guna Sembaga Mas, Nanga Bulik.

“Melalui Posko Batingsor, kami merancang regulasi pemetaan pendistribusian bantuan. Sehingga, bantuan yang diberikan tepat sasaran,” terang Hendra. Senin, 31 Oktober 2022.

Ditambahkan Bupati Hendra, untuk membantu warga yang terdampak banjir Pemkab Lamandau telah mengeluarkan beras cadangan dan telah disalurkan kepada warga terdampak.

“Sudah ada puluhan ton beras dan ribuan paket sembako (non beras) telah disalurkan kepada warga,” Pungkasnya.(Andre)