Dukung Kesuksesan Pemilu 2024, Pemkan Kotim Hibahkan Dana kepada KPU

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor. (ANTARA/HO/Instagram-halikin_1)

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menghibahkan dana kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk mendukung kesuksesan pemilu serentak 2024.

“Kami menyadari betul bahwa permintaan dari KPU tidak bisa sepenuhnya kami penuhi karena keterbatasan anggaran, akibat imbas pandemi COVID-19. Tapi karena ini penting makanya tetap kami bantu semaksimal mungkin,” kata Bupati Halikinnor di Sampit, Rabu 2 November 2022.

Sebelumnya, penandatanganan berita acara hibah tersebut sudah dilaksanakan oleh Bupati Halikinnor dengan Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih sebesar Rp232.198.000.

Menurut Halikinnor, penyelenggara pemilu perlu mempersiapkan segala sesuatunya sebelum kegiatan dimulai, mulai anggaran, infrastruktur dan koordinasi dengan semua pihak, untuk meminimalisasi munculnya permasalahan.

BACA JUGA:   Mengeluh Jalan di Mentaya Hulu Rusak, Netizen: Tidak Usah Menuntut Suara Kalian Sudah Dibeli

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur berkomitmen membantu KPU, namun tentu sesuai kewenangan yang dimiliki. Hibah daerah tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian dan dukungan pemerintah, untuk mendukung tugas dan tahapan pelaksanaan pemilu.

Halikinnor berpesan agar KPU menggunakan anggaran hibah daerah, sesuai peruntukkan dan mengacu pada aturan yang berlaku, sehingga dapat dipertanggungjawabkan dengan baik sesuai aturan.

“Semoga dukungan yang diberikan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi KPU dan masyarakat, khususnya demi kesuksesan penyelenggaraan pemilu,” jelasnya.

Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah, khususnya bupati yang selama ini selalu mendukung KPU dalam melaksanakan tahapan pemilu.

BACA JUGA:   SMPN 1 Sampit Juara usai Kalahkan SMPN 3 Sampit di Final

“Hibah yang kami terima sebesar Rp232.198.000. Kami berterima kasih karena ini akan sangat membantu dalam pelaksanaan tahapan-tahapan di lapangan,” ujar Siti Fathonah.

Dijelaskan dia, saat ini tahapan pemilu memasuki tahapan verifikasi faktual keanggotaan. Anggota KPU langsung melaksanakan verifikasi faktual ke seluruh kecamatan, kelurahan dan desa.

Peran pemerintah daerah sangat membantu. KPU juga berharap dukungan camat dan jajarannya untuk membantu tahapan pemilu, termasuk dalam hal pendaftaran PPK dan PPS.

(ANTARA)