Ketua KPU Gunung Mas Ajak Media Bersinergi Wujudkan Demokrasi Berintegritas

M.SLH/BERITA SAMPIT - Saat berlangsungnya diskusi terkait peran media membangun demokrasi yang berintegritas.

KUALA KURUN – Pers memiliki posisi istimewa sebagai pilar keempat dalam negara demokrasi. Karenanya pers harus mengambil peran dalam mensukseskan pemilu, sebagai salah satu instrumen penting dalam negara demokrasi.

Sinergitas penyelenggara pemilu dengan jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus dijaga dalam misi mencerdaskan publik dengan informasi yang benar, berimbang dan dari sumber terpercaya yang akan berkontribusi pada upaya mensukseskan pemilu.

Untuk mensukseskan tahapan pemilu pada tahun 2024 yang akan datang, KPU Kabupaten Gunung Mas melakukan Coffee Morning dengan sejumlah media yang ada di Daerah setempat dengan tema peran media membangun demokrasi yang berintegritas yang dilaksanakan di rumah makan Nayomi Kuala Kurun. Rabu 2 November 2022.

BACA JUGA:   Rembuk Stunting, Upaya Pemkab Gunung Mas Menurunkan Angka Stunting

Ketua KPU Kabupaten Gunung Mas, Stepenson mengungkapan, kegiatan Coffee Morning yang dilakukan tersebut, karena ingin membangun hubungan yang lebih baik lagi dengan para media. Dimana media mempunyai peran penting dalam memberikan sosialisasi ataupun informasi terkait tahapan pemilu kepada masyarakat.

“Kita ingin bahwa peran media dalam hal demokrasi ini kan lebih banyak lagi dan juga dapat membangun sinergitas kita untuk persiapan dalam melaksanakan pemilu ini nanti. Artinya kami berharap teman-teman media tidak memberikan berita-berita yang kegiatan KPU, tetapi lebih banyak memberikan pencerahan atau pendidikan politik kepada masyarakat,” terang Stepenson.

Dalam kesempatan itu juga, dirinya mengajak kepada media untuk mendiskusikan dalam rangka ingin meningkatkan kualitas pemilu ke depan dan tidak hanya melihat dari sisi hasilnya saja, akan tetapi dari sisi penyelenggaraannya.

BACA JUGA:   Pengurus DPD KNPI Gunung Mas Masa Bakti 2024-2027 Dilantik

“Ini yang kita inginkan, agar semua proses pemilu itu bisa dipublikasikan dengan baik kepada masyarakat, sekali lagi kami mengajak teman-teman media untuk lebih banyak memberikan semacam informasi dan pencerahan, dalam hal ini baik pendidikan politiknya atau tentang pengetahuan kepemiluan nya,” tuturnya,

Untuk diketahui, turut hadir dalam kegiatan Coffee Morning tersebut, Kejaksaan Negeri (Kajari) Gumas Sahroni, Kapolres Gumas AKBP Irwansah, Pabung Kodim 1016/Plk Kabupaten Gunung, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Gumas, Haris, Komisioner Bawaslu dan perwakilan beberapa media saat melakukan diskusi terkait peran media membangun demokrasi yang berintegritas. (ale).