Pihak Kecamatan Fasilitasi LSM Pelantikan di Aula Kantor Mereka, Koordinator Forbes : Keberadaannya Harus Dilaporkan ke Kesbangpol

IST / BERITA SAMPIT - Ketua Forum Bersama (Forbes) LSM di Kotim, Audy Valent.

SAMPIT – Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Kalimantan Tengah (Kalteng) dikabarkan akan mengelar pelantikan di Kantor Camat Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Dalam surat bernomor 03/XI/GJL-Kalteng 2022 perihal undangan dikatakan bahwa acara itu akan digelar di aula Kecamatan Cempaga Hulu, yang beralamat di Jalan Trans Kalimantan, Desa Pundu, pada hari Senin 7 November 2022.

Kendati LSM tersebut sudah menyebarkan undangan dan surat pemberitahuan kepada pihak terkait, namun diketahui ada dugaan bahwa LSM itu belum melaporkan diri secara resmi kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesabangpol) baik tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten.

Menanggapi hal itu, Koordinator Forum Bersama (Forbes) LSM se-Kotim (red-tempat berhimpunnya LSM di Kotim) Audy Valent menyampaikan bahwa sebagai LSM sudah seharusnya taat akan aturan yang ditetapkan pemerintah agar tidak dicela masyarakat banyak.

BACA JUGA:   Dewan Kotim Sarankan Simpang Sebabi Menjadi Kelurahan

“Selaku LSM juga kita memberi contoh yang baik, agar kalau kita mengoreksi orang lain dengan aturan-aturan kita sendiri sudah taat aturan. Kami selaku Ormas dan LSM juga punya wadah dipemerintahan yaitu Kesbangpol untuk melapor keberadaan dan memberitahukan kegiatan, tujuannya agar keberadaan kami di satu daerah tidak disebut asal masuk tanpa permisi, makanya apapun alasannya dalam melakukan kegiatan kami selaku LSM harus taat aturan yang sudah ditetapkan,” sebutnya.

Ia menerangkan bahwa hampir semua LSM dan Ormas yang ada di Kotim, LSM dan Ormas Nasional dalam artian gerakannya boleh dilakukan di seluruh Indonesia, hanya pembentukannya saja kadang ada di daerah setempat dan ada juga dibentuk di Jakarta.
Bahkan dirinya melihat hampir seluruh LSM melapor dan membuat pemberitahuan di Kesbangpol.

BACA JUGA:   Viral Pelajar Menimba Air di Jalan Berlumpur Poros Desa Terantang Tuai Komentar Netizen

“Bahkan saya selaku Ketua Forbes Kotim ini belum ada komunikasi atau saling kenal sesama aktivis masih belum ada,” katanya.

“Yang jelas kami selaku LSM melapor di Kesbangpol agar keberadaan kami diketahui oleh pemerintah setempat, dan kami bergerak tidak sungkan atau ragu-ragu, sebab sudah pas tempatnya kami melakukan koordinasi,” timpalnya.

Sementara itu Camat Cempaga Hulu, Ubaidillah saat di konfirmasi membenarkan bahwa ada ada kegiatan dari LSM yang dimaksud, akan tetapi secara spesifik dirinya mengatakan tidak tahu apa-apa.

“Saya baru dapat surat siang tadi, mereka pinjam ruangan saja, mereka sudah sebar undangan ke Polres, Dandim dan Ketua DPRD, ke Pemerintah daerah lewat Kabag SDA,” ucap Ubaidillah.(im)