Plt Sekda Kobar Juni Gultom: Pasca Banjir MSF Spanyol Akan Salurkan Alat Penjernih Air

Plt.Sekda Kobar Juni Gultom.

PANGKALAN BUN – Penjabat (Pj) Bupati Kobar melalui Plt Sekda Kobar Juni Gultom menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kobar, atas hadirnya lembaga swadaya dari Spanyol dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat pasca bencana banjir.

 

Diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), akan menerima bantuan alat penjernih air bersih bagi masyarakat yang terdampak banjir. Bantuan peralatan tersebut akan di berikan oleh tim Medecins Sans Frontières (MSF) Spanyol. 

 

“Tadi saya menerima tim MSF Spanyol, dan saat ini pun tim langsung turun kelapangan meninjau lokasi yang terdampak banjir, khususnya di sepanjang bantaran sungai Arut, sebab tadi pada saat pertemuan, saya menyampaikan paparan kondisi banjir di Kobar, termasuk jumlah masyarakat yang terdampak banjir mencapai 28 ribu lebih,” kata Plt Sekda Kobar Junni Gultom, Senin 7 Nopember 2022.

 

Menurutnya, bantuan dari MSF Spanyol berupa alat penjernih air bersih akan di berikan secara gratis melalui Perwakilan di Jakarta. Alat tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pasca banjir. 

 

“Saat ini tim masih melakukan survei dan uji kaji, dan tim MSF Spanyol ini yang akan menentukan alat penjernih air tersebut akan di pasang di wilayah mana saja, karena mereka tengah melakukan kajian di lapangan, tentunya bantuan alat itu akan membantu masyarakat kita,” ujar Junni Gultom.

 

Lanjut Juni Gultom, pertimbangan MSF Spanyol memberikan bantuan tersebut untuk memenuhi hak hak dasar masyarakat sesuai standar WHO, dalam pembangunan manusia yang berkelanjutan, sehingga MSF Spanyol ini begitu antusias melihat kebutuhan masyarakat jangan terabaikan.

 

“Kami sangat bersyukur, keberadaan Kobar ini mendapatkan perhatian khusus baik dari pemerintah Provinsi, pusat bahkan dunia internasional, sehingga kami berkeyakinan akan menyelesaikan masalah banjir di wilayah ini dengan baik, terutama yang menjadi perhatian kami saat ini adalah pasca banjir,” pungkas Junni Gultom. (Man)