Belasan Desa di Gunung Mas Akan Nikmati Listrik PLN pada Pertengahan Desember

M.Slh/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong saat berbincang dengan perwakilan Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan Kalimantan Tengah

KUALA KURUN – Belasan desa yang ada di Wilayah Kabupaten Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah akan menikmati aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Kalimantan Tengah.

Bekenaan dengan itu Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong bersama Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, dan petugas Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan Kalimantan Tengah meninjau dan mengecek lokasi pembangunan jaringan listrik di Desa Tumbang Kajuei, Kecamatan Rungan.

“Peninjauan ini merupakan tindak lanjut hasil dari pertemuan dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Komisi VII DPR RI dan PT PLN. Saat itu, saya minta kepada PLN agar memperhatikan dan memprioritaskan Desa Tumbang Kajuei yang menjadi tempat berdirinya PLTU untuk menyuplai listrik ke daerah lain,” terang Jaya Samaya Monong belum lama ini.

BACA JUGA:   Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Pemerintahan

Lebih lanjut dikatakannya, jaringan listrik berupa tiang sudah terpasang di sejumlah titik. Dimana untuk persentase progres kemajuan pekerjaan sudah mencapai 80 persen. Sedangkan untuk sisanya 20 persen, tinggal menunggu material lain dari pabrikan, seperti kabel listrik dan lain sebagainya.

“Diperkirakan pertengahan bulan Desember tahun 2022 ini, material datang dan langsung didistribusikan, dan akan langsung dipasang, sedangkan dari PT PLN juga sudah menyampaikan saya akan mempercepat, sehingga tidak perlu waktu lama lagi listrik akan menyala,” tuturnya.

Orang nomor satu di Wilayah Kabupaten Gunung Mas inipun menyampaikan rencana tahun 2023 dan 2024, dimana pihaknya sudah melakukan rapat dengan PT PLN, sudah ada masterplan perencanaan pembangunan listrik di wilayah Kabupaten Gumas untuk desa-desa yang belum terjangkau dengan listrik atau belum masuk layanan PLN.

BACA JUGA:   Cegah Inflasi, Pemkab Gunung Mas Buka Pasar Penyeimbang di Beberapa Tempat

“Kami bersyukur dan berterima kasih atas perhatian PLN dan pihak lainnya yang telah mendukung, sehingga diharapkan kedepan, seluruh desa di Kabupaten Gumas akan teraliri listrik PLN,” ungkap Jaya Samaya Monong.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan Kalimantan Tengah, Faisal mengatakan bahwa, di tahun 2022 ini, PT PLN melalui UP2K Kalteng sudah melaksanakan pembangunan listrik di 11 desa dan kelurahan yang tersebar di empat kecamatan se Kabupaten Gunung Mas.

“11 desa dan kelurahan itu diantaranya, Kelurahan Tumbang Marikoi, Kecamatan Damang Batu, Desa Tumbang Hamputung dan Batu Tangkoi, Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Desa Parempei, Bereng Baru, Talangkah, Tumbang Kajuei, dan Luwuk Langkuas, Kecamatan Rungan, serta Desa Jangkit, Sangal, dan Tumbang Lapan, Kecamatan Rungan Hulu,” tutup Faisal.

(ale)