Pemkab Gunung Mas Ikuti Pergelaran Seni dan Budaya di TMII

IST/BERITA SAMPIT - Perwakilan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas saat mengikuti Pagelaran “Spirit of Kalteng” di Anjungan Kalimantan Tengah Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, belum lama ini.

KUALA KURUN – Sebagai wujud partisipasi dalam perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Pemkab) Gunung Mas mengikuti Pagelaran “Spirit of Kalteng” di Anjungan Kalimantan Tengah (Taman Mini Indonesia Indah TMII) Jakarta, belum lama ini.

Dalam hal ini ini Indonesia dinobatkan sebagai tuan rumah pada pergelaran “Spirit of Kalteng” yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 merupakan pertemuan puncak yang mana diikuti oleh seluruh Kepala Pemerintah/Negara anggota G20.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunung Mas, Eig Manto melalui Kepala Bidang Kesenian Ahmady mengatakan bahwa, suatu kebanggaan yang luar biasa Indonesia menjadi tuan rumah dalam acara kegiatan pergelaran “Spirit of Kalteng” khususnya Kabupaten Gunung Mas juga ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

“Untuk itu lanjut dia tujuan dari kegiatan tersebut, yakni membangun komunikasi dan promosi strategis terkait potensi pariwisata, seni budaya serta produk unggulan dan warisan budaya yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah,” terang Ahmady, Rabu 9 November 2022.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan membangun jejaringan pemasaran produk-produk strategis, sumber daya alam, karya kreatif dan inovatif Provinsi Kalimantan Tengah dalam merebut pangsa pasar yang luas, baik pasar nasional maupun internasional.

Kalimantan Tengah memiliki kekayaan berupa sumber daya alam, seni, budaya, pariwisata, beragam kuliner dan kearifan lokalnya. Pelestarian seni, budaya, tradisi dan kearifan lokal tersebut tentu sangat diperlukan demi menjaga eksistensi dan keberlangsungannya oleh karenanya dibutuhkan upaya konkrit dan berkesinambungan.

Dimana, penyelenggaraan event-event acara seni dan budaya di Anjungan Kalimantan Tengah TMII Jakarta merupakan upaya untuk meningkatkan citra Kalimantan Tengah secara terpadu melalui promosi seni budaya dan produk-produk unggulan khas Kalteng, sehingga diharapkan dimasa yang akan datang Kalimantan Tengah semakin dikenal dan diminati sebagai salah satu tujuan wisata favorit dan mampu bersaing dengan daerah lain dalam menghadapi era modernisasi dan globalisasi.

“Saya juga berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Kalteng dengan adanya pergelaran “Spirit of Kalteng” ini suatu kesempatan yang luar biasa yang tentunya harus kita manfaatkan sebagai peluang untuk Kabupaten Gunung Mas,” harapnya.

Selain itu, dirinya menyebutkan, ini merupakan suatu ajang yang mampu memunculkan dan menampilkan performance seni dan kebudayaan, Kabupaten Gunung Mas menampilkan kesenian daerah karungut dan tarian daerah dari sanggar seni Dandang Tingang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten I Provinsi Kalimantan Tengah, Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas, Yansiterson, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunung Mas Eig Manto, Inspektur Kabupaten Gunung Mas, Dihel. (Ale).