Tekan Inflasi, Pemkab Gunung Mas Gelar Pasar Murah

M.SLH/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong saat memberikan secara simbolis sembako kepada masyarakat yang didampingi Wakil Bupati, Efrensia LP Umbing.

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) daerah setempat menggelar pasar murah guna menekan inflasi di wilayah tersebut.

Kali ini, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas melakukan pasar murah di laksanakan di Kelurahan Tumbang Miri, Kecamatan Kahayan Hulu Utara (Kahut) Kabupaten Gumas, Selasa 8 November 2022.

Dalam pasar murah yang dilakukan tersebut, sangat membantu masyarakat kurang mampu untuk memperoleh kebutuhan bahan pokok sehari-hari ditengah-tengah kenaikan harga bahan pokok saat ini.

“Kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dalam menahan laju kenaikan harga, serta mempersempit adanya penimbunan bahan pokok,” terang Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong saat memberikan arahan kepada masyarakat yang ikut dalam kegiatan pasar murah tersebut.

BACA JUGA:   Dinas P2KBP3A Gunung Mas Kunjungi Kampung KB Kokolaka di Semarang

Lebih lanjut dikatakannya, pasar murah kali ini, akan diselenggarakan secara rutin oleh Pemkab Gumas, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Dimana sebelumnya telah dilakukan di beberapa kecamatan.

“Melalui pasar murah ini, masyarakat kurang mampu dapat membeli kebutuhan bahan pokoknya dan pasar murah ini sudah menjadi program kegiatan setiap tahunya,” tuturnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Gunung Mas inipun menyebutkan, pasar murah merupakan salah satu upaya Pemkab Gumas menekan laju inflasi dalam membantu masyarakat kurang mampu, terlebihnya memenuhi kebutuhan hidup akan kebutuhan pokok akibat dari kenaikan harga barang dan dampak dari kenaikan BBM.

BACA JUGA:   Pendataan Penduduk Untuk Meningkatkan Kepastian Hukum Bagi Masyarakat

Sedangkan untuk suksesnya kegiatan pasar murah tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan telah menentukan lokasi pasar murah di empat kecamatan yaitu Kecamatan Kurun, Mihing Raya, Kahayan Hulu Utara dan Rungan.

Sebelumnya Jaya mengatakan kegiatan pasar murah dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk membeli berbagai bahan kebutuhan pokok dengan harga lebih murah dari pada harga di pasar, karena sudah disubsidi oleh pemerintah daerah dengan anggaran 3,7 milyar dari dana APBD.

“Dengan terlaksananya kegiatan ini, masyarakat dapat merasakan manfaatnya bahwa pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu masyarakat seperti pada saat ini,” tutup Jaya Samaya Monong. (Ale).