Damkar Tingkatkan Peran Masyarakat Cegah Kebakaran Permukiman Padat

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Gloriana Aden (iri) saat apel di halaman kantor wali kota setempat, beberapa waktu lalu. ANTARA/Rendhik Andika

PALANGKA RAYA – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus meningkatkan peran masyarakat dalam pencegahan kebakaran di kawasan permukiman padat penduduk.

“Salah satu upaya itu kami lakukan dengan melaksanakan sosialisasi yang turut menghadirkan lurah, damang, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta ketua RT, dan RW,” kata Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Gloriana Aden di Palangka Raya, Senin 14 November 2022.

Dia mengatakan, melalui sosialisasi itu peserta kemudian menyebarluaskan materi pencegahan kebakaran di permukiman kepada masyarakat dan warga di sekitar tempat tinggal.

“Para tokoh yang kita undang itu kemudian menyebarluaskan pencegahan kebakaran kepada warga lain. Pencegahan setiap bencana, termasuk kebakaran akan maksimal jika setiap elemen masyarakat turut terlibat,” kata Gloriana.

BACA JUGA:   Sigit Widodo Sukses Amankan Satu Kursi DPRD Palangka Raya

Selain melalui sosialisasi tersebut, Dinas Damkar dan Penyelamatan “Kota Cantik” juga menyebarluaskan informasi pencegahan kebakaran melalui brosur dan media sosial yang dikelola.

“Melalui berbagai upaya kami ingin meningkatkan kesadaran dan keterlibatan masyarakat dalam pencegahan kebakaran. Apalagi beberapa waktu terakhir kebakaran sering terjadi di wilayah kita,” katanya.

Dia mengatakan, salah satu penyebab kebakaran di kawasan permukiman seperti kompor meledak, nyala lilin yang menyambar bahan mudah terbakar serta hubungan arus pendek listrik.

BACA JUGA:   Dikabarkan Maju Sebagai Bacalon Wakil Wali Kota Palangka Raya, Begini Tanggapan Emi Abriyani

“Untuk itu, setiap tidak ada orang di rumah pastikan kompor mati, cabut colokan listrik dan pastikan instalasi listrik sesuai standar agar tidak terjadi beban berlebihan pada jaringan listrik di rumah,” katanya.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, termasuk upaya pemadaman kebakaran, Pemkot Palangka Raya juga telah meluncurkan pusat layanan darurat berupa Fairid Umi Siaga 112.

“Jika masyarakat memerlukan pertolongan, baik ambulans, penyelamatan, evakuasi dan adanya kebakaran serta pertolongan lain silahkan hubungi Fairid Umi Siaga di nomor 112. Akan ada petugas yang siap melayani selama 24 jam,” katanya.

(ANTARA)