BPBD Terus Pantau Kondisi Banjir di Sejumlah Desa

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Mura, Althur Malik bersama jajarannya ketika memantau kondisi banjir.

PURUK CAHU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Murung Raya melakukan pemantauan dan pendataan terhadap sejumlah desa yang diterjang musibah banjir bandang akibat intensitas hujan yang cukup tinggi.

Plt Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Putu Suranta menyebutkan, ada beberapa desa yang saat ini menjadi pantauan yakni Desa Sungai Batang Kecamatan Permata Intan, Desa Tumbang Bantian Kecamatan Sungai Babuat dan Desa Dirung Linkin Kecamatan Tanah Siang Selatan.

BACA JUGA:   Kick Off Penandatanganan Kontrak Percepat Pelaksanaan Program Pembangunan Daerah

Menurutnya, kondisi banjir yang melanda beberapa desa tersebut merupakan luapan air sungai pada masing-masing desa setempat yang seketika terjadinya banjir merendam rumah warga dan akses jalan desa.

“Untuk saat ini kita melakukan pemantauan terhadap kondisi debit air, apakah masih terjadi kenaikan atau berangsur surut. Kita juga melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak serta berupaya memberikan bantuan tanggap darurat apabila dibutuhkan,” jelas Putu.

BACA JUGA:   Wabup Jelaskan Manfaat Audit Kasus Stunting, Ini Tujuannya

Lebih lanjut Putu menerangkan, bahwa  musibah banjir yang melanda beberapa desa tersebut merupakan fenomena alam yang sering terjadi apabila terjadinya curah hujan yang cukup tinggi.

“Apabila terjadi intensitas hujan yang tinggi selalu menjadi langganan beberapa desa tersebut mengingat lokasi desa yang tidak jauh dari jalur sungai. Namun biasanya banjir tidak berlangsung lama, asalkan tidak terjadi hujan kembali pada wilayah tersebut,” pungkas Putu Suranta.(Lulus)