Bupati Gumas Ajak Semua Pihak Berperan Dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

M.Slh/BERITA SAMPIT – Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong saat foto bersama dengan Wakil Bupati, Sekda, kepala BNN Kalteng,  Kasat Resnarkoba Polres Gunung Mas, Kasat Resnarkoba Polres Gunung Mas dan para camat se Gumas.

KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong mengatakan pemerintah sangat memberikan perhatian terhadap penanganan penyalahgunaan narkoba, sebab peredaran dan penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu permasalahan nasional yang dipandang serius oleh pemerintah karena dapat menyebabkan rusaknya moral bangsa.

Dikatakannya, kecenderungan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Kabupaten Gunung Mas tiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Hal ini mendorong Kabupaten Gumas melakukan berbagai upaya antara lain melakukan usaha preventif atau pencegahan. Kemudian, melakukan penyembuhan terhadap masyarakat yang telah menjadi korban penyalahgunaan narkoba dan dukungan instansi vertikal dalam melakukan pemberantasan dengan mengungkap dan memutus jaringan peredaran gelap narkoba.

“Maka dari itu, saya mengajak semua pihak harus ambil bagian tanpa kecuali sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba, dengan keterlibatan bersama semua elemen masyarakat, saya yakin akan mampu menutup mata rantai peredaran dan penyalahgunaan narkoba di wilayah Gunung Mas,” terang Jaya Samaya Monong saat kegiatan sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN-PN) bagi camat, lurah dan kepala desa Se Kabupaten Gunung Mas tahun 2022 yang dilaksanakan di aula GPU Damang Batu. Kamis 17 November 2022.

BACA JUGA:   Pemkab Gunung Mas Gelar Rembuk Stunting 2024

Orang nomor satu di Kabupaten Gunung Mas inipun menyebutkan, penanggulangan bahaya penyalahgunaan narkoba tidak saja membutuhkan komitmen dan kesanggupan semua pihak. Akan tetapi juga aksi nyata semua jajaran pemerintah, aparat penegak hukum, sektor pendidikan maupun pihak legislatif baik pusat maupun daerah serta partisipasi aktif seluruh masyarakat.

“Mari kita tingkatkan kerjasama dan keterpaduan dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika dalam perang melawan narkoba, bersinergi dan bersama-sama dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Gunung Mas sadar bahaya penyalahgunaan narkoba,” tuturnya.

BACA JUGA:   Penggunaan APBD Harus Efektif dan Berpihak ke Masyarakat

Pada kesempatan itu juga, jaya mengajak kepada semua pihak untuk mendukung visi Kabupaten Gunung Mas, terwujudnya Kabupaten Gunung Mas yang Bermartabat, Maju, Berdaya Saing, Sejahtera dan Mandiri atau berjuang bersama.

“Marilah kita selamatkan masyarakat Kabupaten Gunung Mas untuk bebas dari penyalahgunaan narkoba dan berprestasi tanpa narkoba. Saya juga mengajak segenap perangkat untuk secara aktif melaksanakan kegiatan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dan prekursor narkotika di seluruh wilayah Kabupaten Gunung Mas,” pintanya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing, Sekretaris Daerah, Yansiterson, Kepala BNN Provinsi Kalteng, Brigjen Pol. Sumirat Dwiyanto, Kepala Kejaksaan Negeri Gunung Mas, Sahroni, Kasat Resnarkoba Polres Gunung Mas, Iptu Budi Utomo dan para camat, lurah dan kades se-Kabupaten Gunung Mas.

(ale)