UMPR dan Universitas Pamulang Kerja Sama Peningkatan Wirausaha Mahasiswa

UMPR-Universitas Pamulang kerja sama peningkatan wirausaha bagi mahasiswa, Rabu(16/11/2022). ANTARA/HO-UMPR

PALANGKA RAYA – Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) di Ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah menggandeng Universitas Pamulang (Unpam) di  Provinsi Banten dalam upaya meningkatkan minat dan jiwa wirausaha mahasiswa.

“Kegiatan ini dilaksanakan melalui seminar edukatif sebagai wahana untuk menambah wawasan mahasiswa tentang wirausaha,” kata Wakil Rektor III UMPR Dr Norcahyono di Palangka Raya, Kamis 17 November 2022 .

Di antara materi yang disampaikan akademisi Universitas Pamulang, Afridayani,MM terkait langkah awal atau tata cara berwirausaha, apa yang harus dilakukan ketika membuka usaha dan bagaimana upaya pengembangannya supaya lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Meningkatkan semangat berwirausaha bagi mahasiswa dinilai penting dilakukan. Perkembangan teknologi dan informasi saat ini menjadi peluang besar untuk membangun usaha dan mengembangkan suatu usaha.

BACA JUGA:   Masyarakat Terdampak Banjir Harus Waspada Penyakit Tertentu

Jika dulu suatu usaha cenderung terganjal jangkauan pemasaran, di era sekarang, pemasaran produk usaha tidak mengenal jarak dan waktu atau keterbatasan cakupan dan jangkauan pemasaran.

Yang tidak kalah penting, sebelum memulai suatu usaha, harus ditentukan fokus dan jenis usaha, sasaran serta peluang pasar jenis usaha tersebut.

Ketua panitia Arna Purtina MPd menyatakan, kegiatan yang diselenggarakan Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (BAKA) UMPR penyampaian materi narasumber dilakukan melalui zoom meeting. Sementara peserta hadir di Aula utama UMPR.

BACA JUGA:   179 Mahasiswa dan Pelajar Kalteng Memperoleh Beasiswa dari Bank Indonesia

“Kami berterima kasih kepada pihak-pihak yang turut mensukseskan kegiatan ini termasuk pada panitia, nara sumber dan peserta,” kata Arna.

Wanita berhijab ini mengatakan, semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran berwirausaha sejak dini.

Dia mengatakan, selain memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkreasi, seminar ini juga bertujuan memberikan akses serta ruang yang terbuka untuk mengasah kreativitasnya. Mahasiswa dibekali cara lebih produktif dan tidak konsumtif.

“Pelatihan ini juga upaya universitas untuk meningkatkan pandangan bagi mahasiswa UMPR untuk berwirausaha sebagai salah satu upaya meningkatkan kemandirian ekonomi di masa depan,” kata Arna Purtina.

(ANTARA)