Kalteng dan KKP Selenggarakan Lomba Fotografi

Kadislutkan Kalteng Darliansjah dan lainnya saat mengumumkan nominator lomba fotografi tingkat nasional memperingati Hari Ikan Nasional tahun 2022, Palangka Raya, Jumat, (18/11). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) berkolaborasi bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), menyelenggarakan lomba fotografi skala nasional dalam rangka Hari Ikan Nasional (Harkannas) tahun 2022.

“Dengan lomba ini, kami mengajak masyarakat luas agar mencintai sektor kelautan dan perikanan, dengan tujuan mengangkat, mengeksplor serta mempromosikan potensi wisata bahari khususnya di Kalteng,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, sebagaimana disampaikan Kepala Dislutkan Darliansjah di Palangka Raya, Jumat 18 November 2022.

Melalui rangkaian kegiatan ini, pihaknya mendorong masyarakat khususnya yang tergabung dalam komunitas fotografer maupun media, agar semakin optimal mengekspos potensi kelautan dan perikanan.

Lomba fotografi tingkat nasional ini baru pertama dilaksanakan selama sembilan tahun peringatan Harkannas. Lomba ini diselenggarakan sebagai bentuk dukungan Pemprov Kalteng dalam memeriahkan pelaksanaan rangkaian Harkannas.

BACA JUGA:   Pertarungan Sengit Jika Lima Elit Politik Ini Maju di Pilgub Kalteng

Objek foto yang menjadi penilaian dewan juri adalah kegiatan maupun potensi sektor kelautan dan perikanan Indonesia, meliputi ikan, kapal nelayan, nelayan, pembudi daya, kolam ikan, keramba, tambak, serta bioflok.

“Selain itu, juga termasuk ekosistem laut, ekosistem pesisir, ekosistem perairan darat, pasar ikan, hingga proses pengolahan produk kelautan dan perikanan,” ujarnya.

Lomba fotografi ini terdiri dari dua kategori, yakni Nasional dan Provinsi Kalimantan Tengah, dengan total hadiah yang disediakan sebesar Rp32,5 juta.

Lomba yang telah dibuka sejak 1 November 2022 sampai 15 November 2022 pukul 12.00 WIB ini, telah mendapat perhatian besar dari seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

“Sampai pada hari ditutupnya perlombaan hanya Provinsi Papua Pegunungan tidak mengirimkan karya fotonya,” terangnya.

Sedangkan tiga provinsi sebagai peserta terbanyak yaitu Jawa Timur 58 peserta atau 12,1 persen dengan jumlah karya sebanyak 139 foto, Kalimantan Tengah 43 peserta atau 8,9 persen dengan jumlah karya sebanyak 105 foto, serta Jawa Barat 40 orang atau 8,3 persen dengan jumlah karya sebanyak 96 foto.

BACA JUGA:   Orang Tua Bayi Korban Dugaan Malpraktik Melabrak RSUD Doris Silvanus saat Konferensi Pers

Selanjutnya dari 478 peserta ini ditetapkan 18 nominator. Pengumuman pemenang lomba dilaksanakan pada 21 November 2022 pada puncak Harkannas ke-9 tahun 2022 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Adapun lomba ini menggandeng beberapa pegiat fotografi yang memang teruji di bidangnya sebagai dewan juri, meliputi pegiat fotografi Pinto NH, jurnalis foto internasional Dwi Oblo, pengajar fotografi Deny Krisbiyantoro, pegiat fotografi lingkungan dan alam Liar Muhammad Rochim, serta fotografer Diskominfosantik Kalteng dan penggiat fotografi Ahmad Saifuddin.

(ANTARA)