Korban Banjir di Palangka Raya Diimbau Waspadai Munculnya Penyakit

Tim dari BPBD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah membantu warga yang hendak beraktivitas saat kondisi banjir melanda pemukimannya menggunakan perahu yang di sediakan oleh instansi terkait, Kamis (17/11/2022). ANTARA/HO-BPBD Kota Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto mengimbau kepada korban banjir akibat luapan Air Sungai Kahayang di beberapa titik untuk mewaspadai munculnya sejumlah penyakit.

“jangan sampai sudah menjadi korban banjir, mereka juga terserang penyakit yang biasanya bisa bermunculan seperti gatal-gatal dan lain sebagainya, katanya di Palangka Raya, Jumat 18 November 2022.

Dia menuturkan, selain mewaspadai munculnya sejumlah penyakit, masyarakat yang terdampak banjir disarankan untuk banyak mengonsumsi vitamin agar daya tahan tubuh meningkat.

Bagi anak-anak disarankan jangan banyak bermain air karena sumber penyakit banyak bertebaran akibat hanyutnya sampah serta kotoran tikus yang bisa membahayakan bagi kulit manusia apabila tersentuh.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

“Memang masyarakat kita yang sudah sering menghadapi musibah tersebut sudah terbiasa, tetapi alangkah baiknya dicegah agar persoalan itu tidak menimpa mereka,” sarannya.

Sigit yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi DPRD Seluruh Indonesia (Adeksi) itu juga meminta kepada Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya agar memperhatikan Kesehatan para korban banjir. Saat ini Sebagian masih ada bertahan di rumahnya dan ada juga yang sudah mengungsi di sejumlah posko yang telah disediakan BPBD kota setempat.

Selain Kesehatan, mereka juga harus diberikan konsumsi yang layak. Jangan sampai para pengungsi dan korban banjir tidak mendapatkan makanan bergizi kerana dalam kondisi seperti itu mereka sangat sulit untuk beraktivitas seperti biasanya.

BACA JUGA:   HM Khemal Nasery Menentang Keras Rencana Pembongkaran Gedung KONI Kalteng 

“Petuagas Kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya harus membuat posko Kesehatan, Ketika masyarakat hendak berobat tidak terlalu jauh dan mudah mendapatkan obat,” ungkapnya.

Saat ini BPBD Kota Palangka Raya sudah menyiagakan tig apos lapangan antisipasi banjir. Pos tersebut disiagakan di Jalan Pelatuk, Jalan Arut dan Jalan Ahmad Yani. Bahkan sejumlah tempat pengungsian juga sudah disediakan oleh BPBD setempat.

BPBD setempat Bersama sejumlah relawan yang membangun posko siaga antisipasi banjir, juga siap mengevakuasi warga yang kediamannya terendam air cukup parah. Selain itu perahu yang disediakan tim juga siap membantu masyarakat untuk beraktivitas.

(ANTARA)