Hujan Diprakirakan Guyur Sebagian Besar Kota di Indonesia

JUN/BERITA SAMPIT - Hujan deras guyur Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah beberapa waktu lalu.

JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar kota di Indonesia akan turun hujan pada hari ini.

Di kutip dari situs resmi BMKG, Minggu 20 November 2022, wilayah Aceh akan diguyur hujan lebat yang dapat disertai angin kencang pada sejumlah kota di wilayahnya.

Begitu juga di daerah Bengkulu, hujan akan turun dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang sesaat pada wilayah Kabupaten Muko-Muko, Bengkulu Utara, Kota Bengkulu dan sekitarnya.

Hujan dengan durasi singkat akan terjadi di sebagian besar wilayah Bali, serta adanya peringatan waspada potensi banjir di wilayah Bali bagian Utara.

Wilayah Bangka Belitung berpotensi hujan sedang hingga lebat pada siang, malam dan dini hari di Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat dan Belitung.

Sementara itu di wilayah Banten dan DKI Jakarta berpotensi angin kencang pada beberapa wilayahnya.

Wilayah Gorontalo dan Jambi juga akan berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang dan petir pada sebagian wilayahnya.

Beberapa wilayah di Jawa Barat seperti Kabupaten Bogor, Sukabumi, Bandung, Garut, Tasikmalaya dan sebagian besar wilayah lainnya berpotensi hujan pada siang dan malam hari.

Jawa Timur juga akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai angin dan petir di pagi, siang, sore hingga malam pada wilayah Magetan, Pasuruan, Lumajang, Banyuwangi, Nganjuk, Madiun, Malang dan Probolinggo.

Untuk wilayah Kalimantan Barat berpotensi hujan dengan durasi singkat, begitu juga pada wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan. Waspada juga pada dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, kilat atau petir dan pohon tumbang.

Kalimantan Timur juga berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan Kalimantan Utara akan hujan dengan intensitas yang sama pada sore, malam dan dini hari di sebagian besar wilayahnya.

Waspada potensi hujan lebat pada sebagian wilayah Lampung pada sore dan malam hari, dan pada pagi, siang, dan sore hari pada sebagian besar wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Hujan juga akan mengguyur wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dapat disertai angin kencang pada siang hingga malam hari, dan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang akan hujan dengan durasi singkat di sebagian besar wilayahnya.

Papua hingga Papua Barat berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan dapat disertai petir pada beberapa wilayahnya.

Sementara itu, Riau juga akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang yang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten (Kab.) Rokan Hilir dan Kab. Bengkalis pada malam hari.

Pada siang hingga sore hari hujan intensitas sedang hingga lebat juga akan membasahi wilayah Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan, dan waspada juga pada potensi genangan air dan banjir. Begitu juga dengan Sulawesi Tengah yang akan hujan pada siang dan malam hari.

Sulawesi Tenggara berpotensi hujan sedang hingga Lebat yang dapat disertai guntur atau petir dan angin kencang pada pagi hari di wilayah Wakatobi dan Bombana serta siang hari di wilayah Bombana, Muna dan Muna Barat.

Sedangkan Sulawesi Utara diminta waspada pada potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Manado, Bitung, Minahasa, Bolmong dan Kepulauan Talaud.

Sumatera Barat berpotensi hujan sedang hingga lebat pada pagi hingga sore hari pada beberapa wilayahnya dan Sumatera Selatan juga berpotensi hujan dengan intensitas yang sama berdurasi singkat pada siang, sore, malam dan dini hari pada sebagian besar wilayahnya.

Sumatera Utara juga diminta waspada hujan lebat pada sekitar Lereng Timur, Pantai Barat, Lereng Barat yang dapat berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir.

(ANTARA)