Dewan Lamandau: Era Digitalisasi Jadikan Jendela Dunia Baca

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Lamandau Paihutan Samosir saat berfoto bersama dengan anak yang sedang membaca di mobil perpustakaan keliling di SDN 1 Nanga Bulik beberapa hari yang lalu.

NANGA BULIK – Anggota DPRD Kabupaten Lamandau, Pangihutan Samosir mendorong perpustakaan daerah setempat terus meningkatkan layanan, tentunya dengan perpustakaan keliling bisa memanfaatkan kemajuan di era digital saat ini.

“Sudah saatnya perpustakaan di Kabupaten Lamandau mengikuti kemajuan teknologi dengan merambah buku digital yang bisa diakses melalui internet,” katanya, Senin 21 November 2022.

Menurut pengamatannya, perpustakaan sampai saat ini belum banyak dikenal masyarakat apalagi sampai ke daerah-daerah pedesaan yang lain.

Menurut pria yang biasa disapa Igut ini, saat ini membaca buku sudah tidak zamannya lagi. Perpustakaan harus dilengkapi dengan fasilitas komputer dan penguatan jaringan internet.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Lamandau: Refleksikan Sumpah Pemuda untuk Membangun Daerah

Tentunya, memang perlu dukungan dana operasional yang memadai dari Pemerintah Kabupaten. Harapannya agar penyelenggaraan perpustakaan di Kabupaten Lamandau dapat mengimbangi kemajuan teknologi dan tuntutan kemajuan zaman.

Kata Dia, perpustakaan menjadi acuan dalam pengembangan, dengan kehadiran perpustakaan diharapkan dapat memacu peningkatan kualitas sumber daya manusia di daerah ini.

Selain itu perlunya digitalisasi perpustakaan, ia mendorong pemerintah daerah juga melakukan peningkatan layanan perpustakaan. Keberadaan perpustakaan keliling dibutuhkan untuk jemput bola menjangkau daerah-daerah pelosok desa.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Lamandau: Refleksikan Sumpah Pemuda untuk Membangun Daerah

Seluruh desa juga didorong untuk menyediakan perpustakaan desa. Tujuannya agar masyarakat desa juga bisa dengan mudah mengakses layanan perpustakaan sehingga akan berdampak pada peningkatan minat baca dan sumber daya manusia.

“Tentu harapannya pada akhirnya masyarakat Kabupaten Lamandau akan bisa memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia di perpustakaan,” harapnya. (Andre).

(Visited 27 times, 1 visits today)