Pupuk Menjadi Bagian Penting Sektor Pertanian

IST/BERITA SAMPIT - Ilustrasi saat petani memupuk padi sawah.

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalimatan Tengah (Kalteng) Evi Kahanyanti mengatakan, bahwa pupuk menjadi bagian penting dalam pertanian dan perkebunan, karena sangat dibutuhkan oleh petani. Sebelumnya Evi menyerap aspirasi warga Desa Mekar Tani, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan.

”Saat melakukan reses ke dalam daerah, dimana saat itu saya juga menyerap sejumlah aspirasi atau usulan dari warga Desa Mekar Tani, terkait usulan bantuan pupuk dan pembinaan pengembangan usaha dari pemerintah. Desa Mekar Tani merupakan daerah penghasil cabai terbesar di wilayah ini,” katanya melalui rilis yang diterima pada Senin, 21 November 2022.

BACA JUGA:   Legislator Kalteng Terima Usulan Masyarakat Pengerukan Drainase

Kata Dia, untuk mencapai ke Desa Mekar Tani hanya bisa menggunakan transportasi jalur air yaitu sungai. Sebab, jalur darat untuk mencapai desa tersebut dinilai masih belum ada.

Menurut Evi, Kawasan Desa Mekar Tani cukup luas untuk pengembangan budidaya cabai. Cabai yang dihasilkan dari Desa Mekar Tani tersebut terbilang cukup besar. Pasalnya di daerah tersebut mampu menghasilkan produksi cabai hingga berton-ton.

BACA JUGA:   Pengembangan Sektor Pariwisata Menjadi Langkah Positif Dengan Pola Kerja Sama

“Untuk distribusinya, lebih didominasi ke daerah Sampit dan Banjarmasin yang ditengarai karena jalurnya dekat. ‘Terkait adanya usulan tersebut, saya meminta seraya mendorong kepada pemerintah daerah (Pemda) baik itu Pemerintah Provinsi Kalteng maupun Pemerintah Kabupaten Katingan, melalui instansi dinas terkait agar bisa menindaklanjuti usulan warga Desa Mekar Tani,” lugasnya.

Oleh sebab itu ia menyampaikan, saat ini warga Desa Mekar Tani sangat memerlukan bantuan pupuk dan intervensi melalui pembinaan pengembangan usaha dari pemerintah daerah. (Hardi).