Tim Karnaval Budaya Kalteng Berhasil Memikat Para Pengunjung TMII

IST/BERITA SAMPIT - Suasana Karnaval Budaya Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

PALANGKA RAYA – Karnaval Budaya Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, begitu meriah. Pasalnya, karnaval diikuti oleh seluruh perwakilan dari seluruh Indonesia. Tim Karnaval Budaya Kalteng yang terdiri dari DAD Kalteng, Badan Penghubung Pemprov Kalteng, Kota Palangka Raya, Kabupaten Murung Raya, dan Kabupaten Sukamara berhasil memikat para pengunjung, Minggu 20 November 2022 kemaren.

Pasalnya, peserta dari Kalteng paling banyak dan menampilkan atraksi tarian kolaborasi, dari daerah masing-masing saat melintasi panggung utama karnaval. Tarian yang dibawakan mulai dari tarian pesisir hingga pedalaman Kalteng. Selain itu, Tim Karnaval itu juga mengenakan pakaian etnik khas Suku Dayak Kalteng yang beragam lengkap dengan senjata Suku Dayak, seperti Mandau, Tombak, dan Telawang.

Wakil Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Rahmat Nasution Hamka mengatakan, sangat mengapresiasi penampilan tim karnaval budaya Kalteng.

BACA JUGA:   Hasil Pleno KPU Kalteng, Caleg DPD RI Teras Narang Raih Suara Terbanyak

“Bahkan saya juga ikut berjalan, karena begitu meriah dan peserta terbanyak dari Kalteng. Saya melihat kita memiliki semangat yang luar biasa dalam pengembangan seni budaya Dayak. Ini harus terus kita jaga dan selalu solid serta kompak untuk kemajuan Dayak,” ucapnya melalui keterangan yang diterima di Palangka Raya pada Senin 21 November 2022.

Kehadiran kabupaten/kota juga mendapat apresiasi dari Bendahara Umum DAD Kalteng Rahmat Nasution Hamka. Pasalnya, kabupaten Sukamara dan Murung Raya merupakan dua kabupaten paling ujung, tetapi semangat mereka luar biasa.

“Kita berharap kegiatan ini mendapat perhatian serius dari Pemprov Kalteng dan juga pemerintah pusat, sehingga dapat digencarkan. Kita dari DAD Kalteng sangat support seperti yang disampaikan oleh Pak Ketua Umum Agustiar Sabran,” harapnya.

BACA JUGA:   THM Diminta Patuhi Jam Operasional Ramadan demi Menjaga Ketenangan Masyarakat

Sementara itu, Kepala Biro Seni Budaya DAD Kalteng Jimy O Andin berharap, Karnaval Budaya Nusantara TMII terus dilaksanalam secara kontinu.

“Kita DAD sangat mendukung dan jika perlu dilaksanakan setiap bulan atau menyesuaikan momentum-momentum yang dianggap strategis. Hal ini penting untuk memperkenalkan seni budaya setiap daerah kepada masyarakat luas,” ungkapnya.

Salah satu Seniman Kalteng dan Pemilik Sanggar Tari Tut Wuri Handayani ini menyampaikan terima kasih kepada Ketum DAD Kalteng Agustiar Sabran yang memberikan support penuh kepada Biro Seni dan Budaya untuk hadir memeriahkan kegiatan Seni Budaya Spirit of Kaleng di TMII. Selain itu, dia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Kalteng yang juga memberikan dukungan dalam kegiatan tersebut. (Hardi)