2.200 Atlet Jurnalis Dari 34 Provinsi Ikuti Opening Ceremony Porwanas 2022 di Malang Raya Jatim

MAN/BERITA SAMPIT - Tampak kontingen Atlet Powarnas PWI Kalteng pada acara opening ceremony saat mengenalkan kepada Menpora dan undangan lainnya.

Laporan : Maman Wiharja

SEDIKITNYA 2.200 Atlet Jurnalis Anggota PWI dari 34 Provinsi termasuk PWI Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalteng mengikuti Opening Ceremony Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM), Senin 21 November 2022 malam.

Pantauan penulis, pembukaan acara opening ceremony diawali dengan penampilan musisi Jatim Totok Tewel bersama grup bandnya, yang menggaungkan lagu rock, sehingga ruangan bak disalah satu diskotique.

Kemudian dilanjutkan dengan tari-tarian tradisional nusantara yang diikuti oleh 350 penari dari siswa-siswi sekolah di Kotamadya Malang Raya.

Juga dimeriahkan dengan hiburan kocak oleh penampilan stand up comedy ngetren Cak Lontong dan Akbar.

Acara malam itu semakin meriah, ketika MC mengumumkan dan mengenalkan masing-masing kontingen PWI dari 34 Provinsi yang akan berlaga di Porwanas 2002, di hadapan para undangan yang dihadiri Menpora Zaenudin Amali, Wagub Jatim Emil Dardak, Ketua PWI Pusat dan Ketua PWI 34 Provinsi serta Unsur Forkopimda Provinsi Jatim dan Kodya Malang Raya serta ratusan undangan lainnya. Acara pun kemudian dibuka langsung oleh ketua panitia Porwanas Lutfil Hakim yang juga Ketua PWI Jatim.

BACA JUGA:   Turnamen Mini Soccer, Tim SMPN 3 Sampit Bertemu SMPN 4 Cempaga di Semifinal

Sementara itu, Menpora RI Zainudin Amali menyampaikan, bawa Porwanas ini merupakan salah satu implementasi dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan sinergitas produktivitas olahraga prestasi nasional.  Serta meningkatkan budaya olahraga di masyarakat dan memajukan perekonomian nasional berbasis olahraga,” kata Menpora.

Seraya menambahkan, Olahraga harusnya kita anggap hal yang penting buat pembangunan sumber daya manusia tapi apa yang kita rasakan sekarang kepedulian terhadap olahraga.

BACA JUGA:   Menang Adu Penalti Antarkan SDN 1 Ketapang Juara Turnamen Mini Soccer

Sedangkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang menyampaikan pesannya melalui video berharap, seluruh proses penyelenggaraan Porwanas ini dapat berjalan dengan kondusif dan lancar.

Dia berpesan kepada para wartawan yang bertanding untuk menjaga sportifitas sehingga even 3 tahunan, Porwanas 2022 ini berhasil sukses.

“Saya mengajak warga Jawa Timur menjadi tuan rumah yang terbaik untuk menyambut kontingen Porwanas di Malang Raya ini. Dan tentu saya mohon dukungan kepada seluruh masyarakat Jawa Timur mudah-mudahan Porwanas 2022 berjalan dengan sukses dan kondusif,” pungkasnya.