Pemkab Barito Timur Tingkatkan Kualitas dan Kapasitas SDM Pengusaha Pariwisata dan Pelaku Ekonomi Kreatif

Kepala Disbudparpora Barito Timur, Herawani memberikan arahan di acara Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tingkat Dasar 2022 di Tamiang Layang. (ANTARA/HO-Diskominfosantik Barito Timur)

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim), Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) terus berupaya meningkatkan kualitas dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) para pengusaha pariwisata dan pelaku ekonomi kreatif.

“Salah satunya kami lakukan melalui pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif tingkat dasar,” kata Kepala Disbudparpora Barito Timur, Herawani di Tamiang Layang, Selasa 22 November 2022.

Melalui pelatihan itu, pada pelaku usaha pariwisata, pengelola wisata dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) serta para pelaku ekonomi kreatif yang menjadi peserta semakin mampu mengembangkan usaha sesuai standar yang ada.

“Pelatihan ini juga kami manfaatkan untuk memfasilitasi pengembangan desa wisata dengan penyusunan standar destinasi, pengelolaan, dan sumber daya manusia,” katanya.

BACA JUGA:   Layanan Poli Mata RSUD Tamiang Layang Diminati Masyarakat

Herawani mengharapkan materi pada pelatihan yang diikuti 50 peserta itu dapat diaplikasikan kembali banyak desa potensial lainnya sehingga meningkatnya kualitas lingkungan, kesejahteraan masyarakat, serta kelestarian budaya masyarakat di desa wisata.

Menurut dia, pengembangan desa wisata pada masa mendatang akan mampu memberi manfaat ekonomi. Contohnya melalui peningkatan pendapatan, membuka lapangan kerja, peningkatan keterampilan masyarakat, peningkatan infrastruktur dan peningkatan pengelolaan lingkungan.

“Pemerintah ke depan akan lebih menggalakkan pengembangan desa wisata dan mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mensukseskan program ini,” katanya.

Herawani juga mengajak pengelola wisata dan Pokdarwis untuk membangun koneksi, komunikasi, koordinasi, sinergi, kolaborasi serta strategi, agar dapat membangun sektor pariwisata di daerah masing-masing.

BACA JUGA:   Pemkab Bartim Tindaklanjuti SE terkait Larangan Obat Sirop

Saat ini, destinasi wisata di Kabupaten Barito Timur yang banyak dijadikan tujuan berwisata masyarakat seperti air terjun Kedong Air, Rumah Betang yang merupakan rumah adat suku dayak, Museum Lewu Hante, Goa Liang Saragi dan Pegunungan Bahalang.

“Untuk itu, dalam rangka semakin menggelorakan dan meluaskan jangkauan pemasaran, maka harus ada program pembangunan secara sistematis, terencana, terpadu dan berkelanjutan dengan tetap memberikan perlindungan pada nilai seni, adat-istiadat, budaya dan agama yang hidup di dalam masyarakat yang multikultur,” katanya.

(ANTARA)

(Visited 15 times, 1 visits today)