Sekda Seruyan: Kesadaran Masyarakat Seruyan Akan Kebersihan Masih Rendah

IST/BERITA SAMPIT - Sekda Seruyan Djainuddin Noor.

KUALA PEMBUANG – Rendahnya kesadaran masyarakat di Kabupaten Seruyan akan kebersihan dinilai menjadi fakto utama yang menjadi kendala dalam pengelolaan sampah di wilayah setempat.

“Salah satu faktor utama yang menjadi kendala dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Seruyan adalah rendahnya kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah di rumah atau wilayahnya masing-masing,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Seruyan, Selasa, 22 November 2022.

Dia menyebut, hal itu tentunya akan sangat berdampak pada lingkungan sekitar dan juga kesehatan. Bukan hanya itu, lanjutnya, bahkan masih banyak masyarakat yang membuang sampah ke aliran sungai.

BACA JUGA:   Pj Sekda Buka Sosialisasi dan Advokasi Kegiatan Pelayanan Kesehatan Bergerak

“Sehingga diperlukan upaya untuk menumbuhkan kesadaran dan merubah budaya buang sampah sembarangan atau ke sungai serta berikan pemahaman bagaimana tata cara pengelola sampah yang baik dan benar sehingga dapat memberikan nilai ekonomi dan bahkan dapat menciptakan sirkulasi ekonomi,” ujarnya.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kebersihan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan menggelar Pelatihan Pengelolaan Sampah Angkatan I dan II.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Launching Inovasi Pelayanan Publik Bidang Perizinan dan Non Perizinan

“Maka dari itu diadakan kegiatan pelatihan dan pengelolaan sampah ini sebagai upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat,” kata Sekda.

Pelatihan tersebut diharapkan, dapat memberikan pemahaman dan merubah pola pikir serta budaya kepada semua elemen masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah dan juga dampaknya terhadap kelestarian lingkungan serta kesejahteraan generasi penerus.