Dewan Kalteng Harap Pemda Realisasikan Usulan Masyarakat Pada Sektor Pertanian

IST/BERITA SAMPIT - Gedung Kantor DPRD Kalteng.

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Muhajirin berharap usulan masyarakat pada sektor pertanian dapat direalisasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

“Kami kerap menerima usulan dari masyarakat terkait bantuan pada sektor tersebut untuk mengembangkan usaha pertanian masyarakat yang ada di daerah saat reses,” katanya melalui rilis yang diterima pada Rabu, 23 November 2022.

“Seperti di Kabupaten Kapuas tepatnya Kelurahan Sei Pasah, Kecamatan Kapuas Hilir kelompok tani disana mengharapkan adanya bantuan hand traktor dan mesin combine dari pemerintah,” sambungnya.

BACA JUGA:   Dewan Kalteng Sambut Baik Penamaan Nusantara Ibu Kota RI di Kaltim

Kata Dia, bantuan alat pertanian itu sangat penting bagi masyarakat di sana khususnya kelompok tani untuk mempercepat pengolahan lahan pertanian yang ada mulai dari pembukaan lahan hingga panen.

Selain itu juga, masyarakat di Sei Pasah terutama peserta cetak sawah program food estate menginginkan adanya program pelatihan pengolahan pemanfaatan lahan sawah baru dari pemerintah.

“Dengan adanya pelatihan itu maka mereka bisa memiliki keterampilan dalam mengolah lahan sawah baru, sehingga sektor pertanian yang dikelola itu bisa maju dan berkembang,” jelasnya.

BACA JUGA:   Duwel Rawing: Pekerjaan Box Culvert Jangan Sampai Timbulkan Korban

Masyarakat di Kelurahan Sei Pasah juga mengharapkan pemerintah bisa membuka jalan usaha tani menuju lokasi persawahan baru dan lama di wilayah tersebut agar baik menuju maupun untuk mengangkut hasil pertanian dapat berjalan lancar.

“Besar harapan masyarakat petani di sana aspirasi ini dapat direalisasi pemerintah terutama Pemprov Kalteng. Bantuan ini juga penting untuk mendorong penguatan ketahanan daerah pada sektor pertanian,” harapnya. (Hardi).

(Visited 12 times, 1 visits today)