Menuju Desa Wisata dan Pelestarian Lingkungan

Sarwepin saat menyambut kedatangan tim penilaian desa wisata dari Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan, beberapa waktu yang lalu.

KASONGAN – Lingkungan merupakan salah satu pilar pembangunan pariwisata. Oleh karena itu pembangunan yang berlangsung didasarkan pada skema pengembangan yang berhati-hati, yang mengacu pada pelestarian lingkungan jangka panjang.

Terkait dengan pengembangan pariwisata di Desa Janjang Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan, Sarwepin salah satu aktivis lingkungan mengakui bahwa Desa Janjang itu sebenarnya beruntung dengan ditetapkannya sebagai satu calon desa wisata.

“Kami beruntung karena dengan wacana penetapan desa wisata, itu banyak pembangunan yang dilakukan nantinya. Kita beruntung perhatian pemerintah sangat besar ke Desa Jahanjang dan seluruh potensi itu ingin kami manfaatkan juga untuk mendatangkan keuntungan ekonomi sambil tetap menjaga kelestarian budaya dan memastikan kelestarian lingkungannya atau yang disebut dengan pariwisata berkelanjutan. Kami fokus ke sana,” ujarnya. belum lama ini.

BACA JUGA:   Sama-Sama Menjaga Kebersihan Tempat Wisata

Mantan Kepala Desa Jahanjang dua periode itu mengatakan mengenai tujuan pemerintah untuk mendatangkan keuntungan ekonomi bagi masyarakat tersebut, menanggapinya dengan positif.

Meski hingga sekarang perkembangan pariwisata masih terbilang lambat, ia mengapresiasi peran pemerintah daerah yang terus berusaha dengan sekuat tenaga, tetapi dia juga mengakui bahwa semua usaha itu memerlukan waktu.

BACA JUGA:   Pengerajin Anyaman Purun Daya Tarik Wisatawan Hadir

Menurutnya peran masyarakat desa juga sangat penting dilakukan dengan pengembangan ruang bagi keterlibatan masyarakat lewat pengembangan desa wisata.

Dia juga berharap potensi wisata ini terus memperhatikan lingkungan, apalagi masyarakat di Desa Jahanjang yang pada umumnya bermatapencaharian sebagai nelayan, tidak ingin meninggalkan profesi warisan nenek moyang itu.

(Kawit)

(Visited 14 times, 1 visits today)