Pemprov Kalteng Terus Optimalkan Program P3DN

IST/BERITA SAMPIT - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kalteng, Leonard S. Ampung saat memberikan sambutan.

PALANGKA RAYA – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kalimantan Tengah, Leonard S. Ampung menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng terus-menerus mengoptimalkan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Tujuannya, untuk memperkuat struktur industri dalam negeri serta optimalisasi produk dalam negeri pada pengadaan barang/jasa pemerintah.

“Pelaksanaan Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri bertujuan agar para pelaku industri terutama di Kalimantan Tengah mampu untuk meningkatkan kapasitas produksi serta kualitas barang dan jasa yang dihasilkan,” katanya saat membuka secara langsung acara Sosialisasi Program P3DN di Hotel Best Western pada Rabu 23 November 2022.

BACA JUGA:   Penerimaan PPPK Dinas Pendidikan Kalteng Dimulai Tahun 2023

Ia juga menjelaskan, peran Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk bersama-sama mendorong Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri di Kalteng melalui program kegiatan yang sejalan dengan Pemerintah Pusat dan memastikan agar komitmen bersama dari seluruh Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, dan BUMN/BUMD untuk menganggarkan dan merealisasikan belanja produk-produk dalam negeri.

“Pelaku IKM untuk meningkatkan lagi kemampuan menghasilkan kualitas produk mereka agar mampu bersaing dengan produk luar,” lugasnya.

Kata Leonard, pemerintah sudah mengidentifikasi tiga aspek dalam rangka mewujudkan target P3DN di tahun 2022, yaitu penciptaan permintaan produk dalam negeri, dukungan atas penguatan suplai bagi industri dan Usaha Kecil Mikro dan Koperasi, serta government marketplace melalui pembinaan dan pengawasan.

BACA JUGA:   Festival Seni Qasidah Diharapkan Meningkatkan Pemahaman Terhadap Ajaran Islam

“Dalam Sosialisasi Program P3DN ini tidak hanya diharapkan adanya kesamaan pemahaman, sinkronisasi, dan sinergitas program kegiatan saja, namun juga berharap akan muncul solusi, ide, pemikiran-pemikiran dan terobosan baru,” tandasnya. (Hardi).

(Visited 17 times, 1 visits today)