Pelaksana Tugas Sekda Kobar Resmi Buka Lomba Dayung di Sungai Arut

IST/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Sekda Kobar Juni Goltom saat pidato membacakan sambutan Penjabat Bupati Kobar, sekaligus membuka Lomba Dayung.

PANGKALAN BUN – Lomba dayung di bantaran sungai Arut Pangkalan Bun kembali digelar, yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi ke-63 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini diikuti oleh 25 tim dari berbagai kecamatan yang ada di Kobar.

Lomba dayung dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Kobar Dr. Ir. Juni Gultom , S.T., M.TP pada Kamis, 24 November 2022. Dari Waterfront City Kampung Sega Kelurahan Mendawai.

Juni Gultom membacakan sambutan Penjabat Bupati Kobar, menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) selaku panitia yang kembali menggelar lomba dayung beserta seluruh pihak yang mendukung kegiatan ini.

“Seperti kita ketahui bersama, kegiatan olahraga tradisional saat ini mulai sedikit peminatnya, maka dengan dilaksanakannya kegiatan lomba dayung ini, mudah-mudahan dapat menjadi momen bagi kita semua untuk menjaga dan merawat olahraga tradisional, yang sebenarnya memiliki banyak makna,” kata Juni Gultom.

Juni Gultom menilai bahwa olahraga tradisional seperti dayung ini membawa banyak manfaat seperti menumbuhkan sportivitas, berdaya saing serta memupuk rasa kebersamaan dan persaudaraan.

Dalam pembukaan yang disaksikan ratusan masyarakat ini, Juni Gultom juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan mempromosikan wisata sungai Arut, mengingat sungai merupakan salah satu potensi alam yang dimiliki Kobar.

“Saya berharap kegiatan lomba dayung ini dapat menjadi tontonan sekaligus hiburan bagi masyarakat,” ujar Juni Gultom.

Ketua panitia sekaligus ketua PODSI Kobar Indra Sani menyampaikan jika lomba dayung ini menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan oleh PODSI Kobar.

“Lomba kali ini sekaligus menjadi ajang pencarian bakat bagi masyarakat yg berminat untuk terjun menjadi atlit dayung, mengingat dalam waktu dekat akan ada gelaran Porprov 2023 yang dilaksanakan di Kotawaringin Timur,” kata Indra Sani.

Indra Sani juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Kobar atas dukungannya melalui anggaran lewat DPA SKPD Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). (Man).