Disbudpar Kalteng Berharap Desa Trahean di Barito Utara Jadi Tujuan Wisata Andalan

Kepala Dinas Budparpora Barito Utara Annisa Cahyawati (keempat kiri), Kabid Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Rusita Murniasi, Camat Teweh Selatan Asmuri dan narasumber foto bersama usai pembukaan sosialisasi Sadar Wisata (Sapta Pesona) di DAM Trahean Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan, Jumat (25/11/2022).ANTARA/Dokumen Pribadi

MUARA TEWEH – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah mengharapkan objek wisata di Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara, khususnya Kampung Shinobi, dapat menjadi salah satu tujuan utama wisata andalan di daerah tersebut.

“Kami harapkan masing-masing stakeholder mampu memberikan kontribusi nyata dalam membangun sadar wisata (Sapta Pesona) di destinasi pariwisata,” kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Rusita Murniasi pada sosialisasi Sadar Wisata, di Bumi Perkemahan Panglima Batur Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan, Jumat 25 November 2022.

Menurut dia, kegiatan ini dimaksudkan bahwa program sadar wisata ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada para pelaku pariwisata di setiap destinasi wisata mengenai elemen-elemen penting dalam membangun pariwisata.

Kegiatan ini, kata dia, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para pelaku pariwisata di setiap destinasi wisata terkait elemen-elemen penting dalam membangun pariwisata yang berkelanjutan dengan penerapan Sapta Pesona, Pelayanan Prima dan CHSE (Clean, Health and Safety Environment).

BACA JUGA:   DPRD Barut Setujui Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah 

“Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat sebagai penegak pariwisata benar-benar menjadi mandiri dalam melaksanakan atraksi pariwisata yang unik serta mempromosikan berbagai produk ekonomi kreatif kepada wisatawan yang berkunjung dengan berlandaskan prinsip Sapta Pesona, Pelayanan Prima dan CHSE,” kata dia.

Dalam kegiatan tersebut diikuti para peserta sebanyak 50 orang terdiri dari perangkat daerah/desa terkait, Pokdarwis dan masyarakat Desa Trahean dan sekitarnya.

“Kegiatan dilaksanakan selama dua hari pada Jumat dan Sabtu. Untuk Jumat dilaksanakan sosialisasi Sadar Wisata dan pada Sabtu dilaksanakan gerakan aksi Sapta Pesona yang diikuti sebanyak 100 orang,” ujar Rusita.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Utara Annisa Cahyawati mengatakan pihaknya selaku leading sektor dunia kepariwisataan mengapresiasi yang setinggi tingginya dan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng yang telah bekerja keras dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini.

“Kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaat terutama untuk meningkatkan kesadaran dan rasa tanggungjawab segenap lapisan masyarakat baik pemerintah, swasta maupun pemangku kepentingan, sehingga mampu bertindak dan mewujudkan sapta pesona pariwisata yang bermuara pada meningkatnya minat wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” kata Annisa.

BACA JUGA:   Smart Aviation Layani Penerbangan Perintis Muara Teweh-Palangka Raya

Seperti diketahui bersama, kata dia, bahwa destinasi wisata adalah salah satu potensi kekayaan yang dimiliki oleh suatu daerah dan masyarakat sekitar destinasi. Oleh karena itu sudah seyogyanya diberdayakan sehingga memberikan dampak peningkatan perekonomian.

Menurutnya, seiring dengan pembangunan sektor pariwisata yang sudah dilakukan oleh Pemkab Barito Utara, tentunya membutuhkan dukungan seluruh pihak untuk menjadikan objek wisata berdaya guna secara maksimal.

“Sosialisasi ini diharapkan menjadi salah satu langkah yang tepat untuk mewujudkan masyarakat yang dapat menjadi tuan rumah yang baik dimana objek wisata berada yaitu warga masyarakat yang berupaya menciptakan lingkungan dan suasana yang memenuhi unsur-unsur Sapta Pesona yaitu keindahan, keramahan, kebersihan, keamanan, kesejukan, ketertiban dan kenangan,” kata dia.

(ANTARA)