Pemkab Barito Timur Upayakan Penyediaan Statistik Sektoral Mutakhir

Diskominfosantik Bario Timur kaji banding ke Diskominfosantik Sleman, Yogyakarta, Selasa (22/11/2022). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim)

TAMIANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) setempat berupaya melakukan penyediaan statistik sektoral mutakhir

“Kami ingin belajar dan mengetahui regulasi penerapan tanda tangan elektronik atau e-sign dan pengelolaan statistik sektoral,” kata Kepala Diskominfosantik Barito Timur, Dwi Aryanto di Tamiang Layang, Jumat 25 November 2022.

Menurut dia, untuk mempelajari regulasi tersebut pihaknya telah melakukan kaji banding ke Diskominfosantik Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Diskominfo Sleman, kata dia, memberikan izin informasi dan data agar Diskominfosantik Barito Timur bisa menggali lebih banyak tentang regulasi penerapan tanda tangan elektronik dan pengelolaan statistik sektoral.

BACA JUGA:   KNPI Kabupaten Barito Timur Safari Ramadan di Tiga Kecamatan

“Kaji banding dilakukan sebagai upaya penyediaan data atau informasi statistik sektoral yang mutakhir, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, sebagai bahan perencanaan dan evaluasi dalam pelaksanaan pembangunan,” katanya.

Tantangan dalam pengelolaan data pasca pandemi masih dirasakan berat mengingat keterbatasan interaksi dalam pelaksanaan konsultasi dan koordinasi. Namun, tambah dia, harus ada upaya memenuhi kebutuhan terhadap data sebagaimana melaksanakan pelayanan publik.

Saat ini dan ke depan akan banyak kebutuhan data dan informasi, khususnya data statistik sektoral yang ada pada instansi pemerintahan. Karena kebutuhan data dan informasi tersebut juga memerlukan ringkasan.

BACA JUGA:   Dishub Bartim Fasilitasi Pemudik Jelang Lebaran

“Upaya ini dilakukan Diskominfosantik Barito Timur untuk tercipta metadata statistik Kabupaten Barito Timur,” kata Dwi.

Kaji banding ke Kominfosantik Sleman dipimpin Kadiskominfosantik Barito Timur Dwi Aryanto didampingi Kepala Bidang Persandian dan Statistik Ari Opu Pahandrian Migang dan M Yuda Maulana (staf pada Bidang Persandian dan Statistik) dengan disambut Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Sleman Noor Hidayati Zakiyah Pramulani dan jajarannya.

“Kami sangat berterima kasih atas sambutan dan layanan yang diberikan Diskominfo Sleman yang bersedia berdialog dan tanya jawab terkait penerapan tanda tangan elektronik, maupun pengelolaan statistik sektoral,” ujar Dwi.

(ANTARA)