Pentingnya Konsumsi Ikan Sebagai Sumber Protein

M.Slh/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong.

KUALA KURUN – Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat diminati masyarakat. Ikan memiliki kandungan protein tinggi namun rendah akan kolesterol, Ikan juga mengandung vitamin, mineral dan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan.

Diman hal tersebut disampaikan oleh, Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong pada saat memberikan sambutan pada kegiatan perayaan Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang kesembilan dihalaman kantor Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan daerah setempat, Jumat 25 November 2022.

“Perayaan Hari Ikan Nasional kita laksanakan adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein tinggi. Dimana protein sangat dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai sumber energi,” terangnya.

Dikatakan, ketersediaan ikan di alam yang terbatas, dan masih sedikitnya pelaku usaha pembudidaya ikan, sehingga sampai saat ini Kabupaten Gunung Mas masih memerlukan pasokan ikan dari luar wilayah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap ikan.

“Ini merupakan peluang besar bagi masyarakat Gunung Mas yang ingin berusaha di bidang budidaya perikanan, mengingat lahan kita masih luas untuk usaha budidaya ikan,” tuturnya.

Dijelaskannya, pengolahan hasil perikanan juga memiliki prospek yang menjanjikan, dengan kreatifitas bahan bahan mentah, ikan segar dapat olah menjadi produk- produk hasil perikanan yang memiliki nilai tambah atau nilai ekonomis lebih tinggi sebagai outputnya.

“Dengan mengkonsumsi ikan yang cukup, diharapkan masyarakat Kabupaten Gunung Mas memiliki generasi yang sehat dan cerdas sehingga kita mampu bersaing dan menjadi masyarakat yang tangguh dan unggul,” tutup Jaya Samaya Monong.

BACA JUGA:   Bupati Gunung Mas: KONI Sebagai Mitra Pemerintah dalam Membangun Program Olahraga yang Berkarakter

IKAN SEBAGAI SUMBER PROTEIN

Ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik seperti protein sebagai sumber pertumbuhan, asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan pembentukan otak janin, vitamin, serta berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi ibu dan janin.

Ikan sebagai bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan mengandung asam amino essensial yang diperlukan oleh tubuh, disamping itu nilai biologisnya mencapai 90 persen,  dengan jaringan pengikat sedikit sehingga lebih mudah dicerna. Hal yang paling penting adalah harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan sumber protein lainnya.

Ketika pasokan protein dari ikan tersebut dibandingkan dengan total protein (termasuk protein nabati), komposisi pasokan protein dari ikan masih di bawah 15 persen.  Berdasarkan kelompoknya, pasokan konsumsi protein ikan sebagian besar berasal dari konsumsi protein ikan dan udang segar yaitu lebih dari 43 persen sedangkan kontribusi dari konsumsi protein ikan dan udang diawetkan sekitar 22 persen.

Sementara itu, kontribusi dari protein hewani selain ikan yang dominan adalah telur ayam ras/kampung dan daging ayam ras/kampung.

Kadar protein ikan segar atau olahan cukup tinggi, seperti cakalang 24,2 persen, tuna 23,7 persen, bandeng 21,7 persen, lemuru 20,2 persen, ikan mas 16 persen, pindang 27 persen, ikan asap 30 persen, ikan asin 42-50 persen, udang segar 21 persen, dan udang kering 62,4 persen. Kandungan lemak ikan rendah, umumnya di bawah 5 persen. Bandingkan dengan kandungan lemak ayam yang mencapai 25 persen. Ikan juga kaya akan kalsium, fosfor, besi, Vitamin A dan B1.

BACA JUGA:   Terseret Hingga ke Pulpis, Korban Tenggelam di Sungai Kahayan Gumas Ditemukan Meninggal Dunia

TINGKAT KONSUMSI IKAN

Upaya meningkatkan gizi masyarakat Indonesia serta minat untuk mengkonsumsi ikan perlu terus ditingkatkan, karena  ikan diharapkan menjadi salah satu sumber protein utama dalam pola konsumsi  dan budaya masyarakat Indonesia.

Tingkat konsumsi makan ikan yang kecil dapat mempengaruhi keberlangsungan industri pengolahan ikan dan kesejahteraan nelayan . Oleh sebab itu, Gemarikan merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah saja tetapi juga para pengusaha dalam mendukung peningkatan konsumsi ikan di masyarakat

MANFAAT MAKAN IKAN UNTUK KESEHATAN

Ikan merupakan hewan air yang memiliki gizi, mineral, nutrisi dan vitamin sehingga dipercaya memberikan berbagai manfaat kesehatan dari otak hingga jantung bagi yang gemar mengkonsumsinya.

Mengkonsumsi ikan secara benar, baik dari segi memilih jenis ikan dan mengolahnya dapat mendatangkan manfaat secara maksimal dalam mencegah beberapa penyakit.

Beberapa penyakit yang dapat dihindari jika makan ikan dan manfaat makan ikan secara teratur yaitu: Serangan Jantung, Alzheimer atau dikenal juga dengan sebutan demensia, penyakit Kanker dan Kulit serta mencerdaskan anak.

(ale)