Delapan Wilayah di Kaltim Diprakirakan Diguyur Hujan pada Minggu-Senin

Prakiraan cuaca di Kota Samarinda pada Minggu-Senin yang dirilis BMKG Balikpapan, Sabtu (26/11) (Antara / HO BMKG Balikpapan)

BALIKPAPAN – BMKG memprakirakan delapan wilayah (kabupaten/kota) di Provinsi Kaltim mengalami hujan lebat hingga hujan disertai petir dan dapat diikuti angin kencang pada Minggu-Senin (27-28/11), sehingga semua pihak diminta waspada terhadap dampaknya.

“Peristiwa ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Yudha Satrio Oktavandi di Balikpapan, Sabtu 26 November 2022.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, hanya dua daerah yang tidak mengalami hujan lebat maupun hujan petir, yakni Kabupaten Berau dan Kota Bontang, namun keduanya terjadi hujan ringan pada Minggu sekitar pukul 20.00, 23.00, dan Senin dini di sejumlah kawasan.

BACA JUGA:   Harga TBS Kelapa Sawit Kaltim Naik jadi Rp2.389,07 Per Kilogram

Sedangkan delapan daerah tersebut antara lain Kota Samarinda pada Minggu sekitar pukul 23.00 wita, diprakirakan terjadi hujan petir merata pada 10 kecamatan.

Di Kota Balikpapan pada Minggu sekitar pukul 23.00 wita, hujan lebat diprakirakan terjadi pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Balikpapan Selatan dan Balikpapan Tengah, pada Senin dini hari hujan petir terjadi di Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan Selatan, dan Balikpapan Tengah.

Kabupaten Penajam Paser Utara hujan petir, diprakirakan terjadi pada Minggu sekitar pukul 17.00 dan 23.00 wita di dua kecamatan, yakni Kecamatan Waru dan Babulu.

BACA JUGA:   Harga TBS Kelapa Sawit Kaltim Naik jadi Rp2.389,07 Per Kilogram

Kabupaten Mahakam Ulu, Minggu sekitar pukul 20.00 wita, hujan petir berpotensi terjadi di semua kecamatan, kemudian pada pukul 23.00 wita hujan petir di Kecamatan Long Hubung dan Laham.

Di Kabupaten Kutai Barat pada Minggu sekitar pukul 20.00 dan 23.00, hujan petir diprakirakan terjadi pada 13 kecamatan dari 17 kecamatan yang ada, sehingga 4 kecamatan yang mendung dan hujan ringan adalah Kecamatan Bentian Besar, Bongan, Penyinggahan, dan Siluq Ngurai.

“Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara, Minggu sekitar pukul 20.00 wita, hujan petir di Kecamatan Tabang dan Kenohan, pukul 23.00 wita di Kecamatan Muara Jawa, Tabang, Anggana, Kembang Janggut, Kenohan, Loa Janan, Samboja, dan Sanga-Sanga,” kata Yudha.

(ANTARA)