Dukung Pengembangan Wisata Danau di Desa Jahanjang

Warga dan tim pembinaan dan penilaain desa wisata beberapa waktu yang lalu saat melakukan identifikasi potensi wisata.

KASONGAN – Anggota DPRD Katingan berharap pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat untuk mendorong wisata air hitam atau danau panjang yang terletak di desa Jahanjang, menjadi tempat wisata di daerah itu.

“Di desa Jahanjang bukan hanya danau bulat, disana juga ada danau hai atau dana panjang yang memiliki wisata air hitam juga memiliki keunikan  Kemudian juga banyak pengrajin purun sebagai produk UMKM lokal,” katanya.

Dia juga menuturkan, Desa Jahanjang juga dinilai cocok sebagai menjadi desa wisata. Kemudian masyarakat setempat juga harus aktif dilibatkan, untuk membangun ekosistem pariwisata di masa yang akan datang. Maka dari itu perlu ada hal yang baru di lokasi wisata, agar tidak membosankan para pengunjung.

“Semoga pemkab setempat selalu mendukung pengembangan wisata, sehingga akan terus eksis dan berkembang setiap tahunnya,” katanya.

Dia menambahkan, dengan adanya potensi yang ada tentunya akan menjadi salah satu kawasan wisata andalan, sehingga masyarakat Desa Jahanjang bisa mulai berbenah menghadapi kedepannya.

Salah satunya dimulai dengan menjaga kebersihan objek wisata. Kemudian itu warga sekitar juga bisa menggunakan hasil olahan rotan untuk dipromosikan kepada para pengunjung yang menikmati wisata tersebut.

“Saya harapkan masyarakat setempat berbenah dan harus melihat peluang usaha dari kerajinan tangan tersebut, karena dengan hal tersebut warga sekitar bisa menambah pemasukan kebutuhan keluarganya dengan kerajinan yang ada,” katanya.

DIa juga meminta harus gencar mempromosikan tempat wisata. Dengan gencar tentunya wisatawan dalam negeri dan mancanegara apabila ke Katingan, akan diarahkan ke lokasi setempat untuk menikmati susur sungai dan menikmati sunset di sore hari.

(Kawit)