Grup C Piala Dunia 2022: Polandia atasi Arab Saudi 2-0

Selebrasi Robert Lewandowski (kanan) setelah mencetak gol kedua timnas Polandia dalam pertandingan Grup C Piala Dunia 2022 lawan Arab Saudi di Education City Stadium, Doha pada 26 November 2022. ANTARA/AFP/ANDREJ ISAKOVIC

JAKARTA – Polandia berhasil mengamankan kemenangan penting saat mereka menekuk Arab Saudi 2-0 dalam pertandingan kedua Grup C Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Doha, Sabtu 26 November 2022 malam WIB.

Polandia membuka keunggulan lewat gol Piotr Zielinski, sedangkan gol kedua dicetak oleh Robert Lewandowski. Ini juga menjadi gol pertama Lewandowski di Piala Dunia di sepanjang kariernya.

Sementara itu, Arab Saudi gagal memanfaatkan hadiah penalti di babak pertama. Kemenangan ini membuat Polandia memuncaki grup dengan raihan 4 poin setelah meraih imbang 0-0 lawan Meksiko.

Arab Saudi menduduki peringkat kedua sementara setelah mereka secara mengejutkan menaklukkan Argentina 1-2 di pertandingan sebelumnya.

Percaya diri dengan kemenangan atas Argentina, Arab Saudi memulai pertandingan dengan agresif dan menekan Polandia.

Pada menit ke-13, Arab Saudi menciptakan sebuah serangan berbahaya. Saud Abdulhamid bekerja sama dengan Mohammed Kanno sebelum mengoper ke Kanno, yang melepaskan sepakan kaki kanan meski ditangkap Wojciech Szczesny.

Arab Saudi terus-menerus menekan Polandia hingga membuat laga berlangsung keras.

Polandia akhirnya bisa melancarkan serangan pada menit ke-26. Sepak pojok Piotr Zielinski ditanduk Krystian Bielik, tetapi Saleh Al Shehri masih bisa menyelamatkan gawangnya dengan sundulannya sebelum masih ke gawang.

Polandia akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-39. Zielinski mencetak gol untuk membuka keunggulan Polandia 1-0.

Lewandowski menuntaskan sebuah umpan silang dari kanan dengan sepakan yang ditepis Mohammed Al Owais. Bola rebound bisa dikontrol Lewandowski sebelum memberikan bola ke Zielinski yang berada dalam posisi bebas.

Dia kemudian mencocor bola ke sudut atas gawang Arab Saudi dan mengubah skor menjadi 1-0.

Arab Saudi memiliki peluang besar untuk menyamakan kedudukan di akhir babak pertama. Wasit menghadiahi Arab Saudi penalti setelah Bialek melanggar Al Shehri.

Salim Al Dawsari maju sebagai eksekutor lalu melepaskan sepakan yang ditepis Szczesny. Bola muntah kemudian disambar Mohammed Al Burayk, tetapi kembali digagalkan Szczesny menjadi sepak pojok.

Babak pertama berakhir dengan keunggulan 1-0 untuk Polandia.

Selepas jeda, Polandia langsung mendapatkan ancaman dari Arab Saudi. Sebuah serangan Arab Saudi dari kiri membuat kemelut di dalam kotak penalti. Bola dikuasai Al Dawsari yang melepaskan tembakan dari jarak dekat, Szczesny bisa membloknya.

Arab Saudi terus menekan Polandia. Kerja sama bagus di depan area D diteruskan Abdulelah Al Maliki dengan tembakan dari sisi kiri kotak penalti, bola masih melayang di atas mistar gawang Szczesny.

Polandia nyaris menciptakan gol keduanya saat laga melewati sejam. Umpan silang dari sisi kiri disundul Arkadiusz Milik, tetapi bola masih membentur mistar gawang Arab Saudi. Tidak lama kemudian giliran sontekan Lewandowski menghantam tiang gawang.

Arab Saudi mendapatkan tendangan bebas dari posisi berbahaya. Tembakan Al Dawsari masih membentur pemain Polandia. Al Dawsari kemudian melepaskan sepakan dari luar kotak penalti, tetapi masih mengarah ke pelukan Szczesny.

Polandia menciptakan peluang lain pada menit ke-75. Lewandowski mengejar umpan terobosan, tetapi bola terlalu deras. Kiper Al Owais meninggalkan gawangnya untuk membuang bola dari jangkauan Lewandowski.

Tiga menit berselang, Arab Saudi membuang sebuah kesempatan bagus. Pertahanan Polandia tidak menyapu bola dengan sempurna di kotak penalti. Al Maliki memperoleh bola lalu meneruskan dengan sepakan ke tiang jauh meski melebar. Kedudukan masih 1-0 untuk keunggulan Polandia.

Polandia bisa menciptakan gol tambahan pada menit ke-82. Lewandowski mencatatkan namanya di papan skor untuk mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Lewandowski merebut bola dari Al Maliki di tepi kotak penalti, lalu dengan tenang menaklukkan kiper Arab Saudi Al Owais. Gol ini menjadi yang pertama bagi Lewandowski di Piala Dunia.

Polandia hampir menambah keunggulan mereka. Lewandowski tinggal berhadapan dengan Al Owais, tetapi sontekannya bisa digagalkan kiper itu sebelum bola disapu Sultan Al Ghannam.

Tidak ada gol tambahan yang dicetak oleh kedua tim sampai wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Polandia menang 2-0 dan berhak mengantongi tiga poin.

Susunan Pemain:
Polandia (4-4-2): Szczesny, Glik, Berezynski, Cash, Kiwior, Krychowiak, Zielinski (Kaminski 64′), Frankowski, Bielik, Lewandowski, Milik (Piatek 71′)

Arab Saudi (4-1-4-1): Mohammed Al Owais, Mohammed Al Burayk (Sultan Al Ghannam 65′), Ali Al Bulayhi, Abulelah Al Amri, Saud Abdulhamid, Salem Al Dawsari, Mohammed Kanno, Abulelah Al Malki (Abdulrahman Al Obud 86′), Sami Al Naji, Saleh Al Shehri (Nasser Al Dawsari 86′), Feras Al Brikan

(ANTARA)