Keunikan Wisata Danau Bulat di Desa Jahanjang

Suasana di danau bulat melihat matahari mulai terbenam.

KASONGAN– Desa Jahanjang, Kecamatan Kamipang, memiliki daya tarik tersendiri dalam bidang kepariswisataan. Panorama alamnya yang indah dengan pesona danau Bulat yang disertai fasilitas Goest House yang cukup memadai untuk tempat istirahat para wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal.

Tempat wisata ini kerap kali dikunjungi para wisatawan mancanegara. Hal ini membuktikan bahwa objek wisata Danau bulat desa Jahanjang sudah dikenal dan didengar di luar negeri.

Membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan dari Palangkaraya menuju desa Jahanjang melewati Kasongan dengan menggunakan travel reguler ataupun mobil carteran.

“Memang disadari bahwa fasilitas yang ada belum memadai, namun itu merupakan keunikan bagi pengunjung, dimana para pengunjung dapat menikmati suasana alam yang asri, berbagai jenis burung yg selalu berterbangan mencari makan di pepohan dan juga ikan-ikan yang ada didanau,” ungkap Mantir Adat Desa Jahanjang Sarwepin.

Pria yang juga pernah menjadi pengelola tempat wisata tersebut juga mengatakan para wisatawan dapat berjemur di titian yang menjulang ketengah danau, atau duduk di Gazebo-gazebo yang ada sambil melempar pancing berharap ikan memakan umpan.

Selain itu bisa melakukan memasak bersama untuk bikin sarapan pagi, makan siang dan makan malam dengan ikan-ikan air tawar dan sayuran lokal. Dapat membuat ikan bakar dan juga menu-menu tradisional lainnya.

“Di dalam Goest House ini tersedia kamar dan juga fasilitas tempat tidur yang cukup memadai untuk melepas lelah dan tempat memanjakan diri, dapat berenang dan bedayung di danau ini dengan warna air yang merah kecoklatan,” jelasnya.

Lebih seru lagi jika berkunjung bersama keluarga, dan orang-orang tercinta, biaya penginapan tak terlalu mahal, dengan tarif menginap Rp. 100.000,- untuk wisatawan lokal perorang permalam dan Rp. 150.000,- untuk wisatawan mancanegara  perorang permalamnya.

(Kawit)