Menteri Pertanian Kembali Kunjungi Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo saat melakukan sesi foto bersama

KAPUAS – Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo melaksanakan kunjungan kerja ke Kawasan Food Estate Kalteng, dalam rangka percepatan tanam lahan ekstensifikasi Food Estate di Desa Bentuk Jaya A5 Dadahup, Kabupaten Kapuas, Sabtu 26 November 2022.

Menteri Pertanian menyatakan, bahwa lahan yang ada di Dadahup tersebut memiliki keasaman atau tingkat pH yang sangat rendah, sehingga menyebabkan produktivitas padi yang tidak terlalu tinggi.

“Hal ini lagi kita benahi dan agenda ini harus tetap berlanjut, kita tidak bisa melihat hasilnya dalam satu dua tahun ini, tetapi masa depan lah yang harus kita persiapkan untuk ketahanan pangan Indonesia,” ucapnya.

BACA JUGA:   Warganet Ramai Dukung Supian Hadi Maju di Pilgub Kalteng

Ia menyebut lahan yang digunakan ini tidak termasuk dalam lahan rawa gambut yang dilindungi.

“Lahan di sini debit airnya naik turun tergantung cuaca dan itu sangat dinamis sekali. Kita baru belajar satu dua tahun dan hasilnya cukup bagus. Oleh karena itu kita harapkan lahan ini tidak hanya ditanam padi dan jagung saja, tetapi juga kelapa dan buah-buahan lainnya,” jelasnya.

BACA JUGA:   Polda Kalteng Musnahkan Barang Bukti Narkotika Sitaan dari Tersangka di Empat Wilayah Kabupaten/Kota

Ia juga mengungkapkan, bahwa Food Estate ini bukanlah proyek yang memiliki target, tetapi budidaya yang berproses dalam jangka waktu yang lama.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan penanaman padi Varietas Inpari 32, dimana benihnya berasal dari penangkar lokal Kalteng sehingga sudah adaptif agroklimat rawa. Selain itu juga dilaksanakan peninjauan infrastruktur di area Kawasan Food Estate. (Hardi)