Tim relawan PWPM Kalteng dan PDPM Katingan Distribusikan Bantuan Banjir Pemprov ke Pedalaman Katingan

IST/BERITA SAMPIT - Tim relawan PWPM Kalteng dan PDPM Katingan saat mendistribusikan bantuan Pemprov Kalteng untuk lima desa di Katingan.

PALANGKA RAYA – Masyarakat terdampak banjir di lima desa di Kabupaten Katingan mendapat perhatian dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) serta Pengurus Wilayah Muhammadiyah Provinsi Kalimantan Tengah (PWM Kalteng) dan Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Katingan. Perhatian itu ditunjukkan dengan penyaluran bantuan paket sembako untuk warga setempat.

Kelima desa yang tergenang banjir di pelosok Kabupaten Katingan itu antara lain, Desa Karuing, Parupuk, Telaga, Tampelas, dan Galinggang yang masuk wilayah Kecamatan Kamipang.

Warga terdampak banjir di lima desa ini mendapat bantuan 921 paket sembako dari Pemprov Kalteng yang disalurkan langsung oleh apara relawan Muhammadiyah dari Palangka Raya dan Katingan, Jumat 25 November 2022.

Untuk sampai ke lokasi-lokasi tersebut, para relawan harus menempuh perjalanan air menggunakan kapal motor sekitar 6 jam.

Ketua PWM Kalteng Prof Dr H Ahmad Syar’i, Minggu 27 November 2022 membenarkan aksi sosial terhadap korban banjir di kawasan pedalaman Katingan tersebut.

Menurut Syar’i, bantuan ini diharapkan mampu meringankan beban masyarakat yang terkena musibah banjir di wilayah yang relatif jauh dari ibukota Katingan itu.

“PWPM Kalteng dan PDPM Katingan telah memberangkatkan tim relawan untuk mendistribusikan bantuan Pemprov Kalteng ke lima desa di Katingan,” terang Syar’i, mantan Ketua Umum BADKO HMI Kalimantan itu.

Dijelaskannya, perjalanan relawan untuk mendistribusikan 921 paket sembako ini cukup lama mengingat jauhnya lokasi dan hanya dapat ditempuh menggunakan transportasi air.

“Perjalanan ke desa-desa tersebut ditempuh menggunakan kapal motor selama kurang lebih 6 jam dari Dermaga Sei Bekahi. Penyaluran selesai pada pukul 19.00 WIB dan tim yang dari Palangka Raya kembali tiba kembali pukul 03.00 WIB,” sebut Syar’i.

(BS65)