Pengurus TP-PKK Gumas Masa Bakti 2019-2024 Dikukuhkan, Ini Harapan Bupati

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong saat foto bersama dengan pengurus Tim pengerek PKK Kabupaten Gunung Mas.

KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Jaya Samaya Monong mengukuhkan pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Gumas masa bakti 2019-2024 di aula GPU Damang Batu.

Dikatakannya, melalui tim penggerak PKK sangat berperan aktif dalam mewujudkan keluarga berdaya dan mandiri, dimana itu melalui 10 program pokok PKK yang dilaksanakan secara bersinergi dengan instansi terkait.

“Salah satunya menggerakkan ibu-ibu, bagaimana caranya menekan angka kematian ibu hamil, atau berkontribusi mengatasi masalah gizi anak, kesehatan anak dan isu nasional saat ini yaitu stunting yang di perankan oleh kelompok Dasa Wisma dalam pencatatan data keluarga di tingkat RT/RW,” terang Jaya Samaya Monong belum lama ini.

Lebih lanjut dikatakannya, tujuan dari gerakan PKK yaitu keluarga yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidup, baik dari aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial dan budaya.

BACA JUGA:   Aktif Gelar Jumat Curhat, Polres Gunung Mas Dengarkan Keluhan Masyarakat

Untuk itu diharapkan PKK sebagai mitra kerja pemerintah dapat bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan lembaga lainnya dalam melaksanakan 10 program pokok PKK.

“Dengan adanya kerjasama yang baik antara PKK dan OPD atau lembaga lainnya dalam pelaksanaan program pembangunan daerah, dapat tercapai dengan baik serta mewujudkan pembangunan keluarga yang mandiri, kuat dan sejahtera,” tuturnya.

“Poin penting yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan ini, untuk mewujudkan hal-hal tersebut yang terpenting menurut saya adalah satu kata yaitu komitmen, itu membutuhkan kerja sama tim yang solid, selain itu melaksanakan pekerjaan juga dengan hati,” ungkap Jaya Samaya Monong.

BACA JUGA:   Polres Gumas Amankan Aksi Unjuk Rasa

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua TP-PKK Kabupaten Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong mengucapkan selamat Kepada pengurus tim penggerak PKK yang baru saja dikukuhkan.

“Semoga selalu bersemangat dalam menjalankan tugas dan dapat berperan aktif dalam mendukung program pemerintah melalui gerakan PKK,”ucap Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong.

Dijelaskannya, salah satu program kerja unggulan Tim Penggerak PKK Kabupaten Gunung Mas adalah mengaktifkan Dasa Wisma dan UP2K se-Kabupaten Gunung Mas sesuai komitmen bersama pada Rakor Konsultasi TP PKK Tahun 2019.

“Untuk itu, saya berharap tim penggerak PKK tingkat Kecamatan, desa dan kelurahan dapat mengevaluasi dan mensinergikan program PKK dari tingkat kecamatan sampai ke desa dan kelurahan,” ujarnya. (Ale).