Pj Bupati Kobar: Apartur Kecamatan, Kelurahan dan Desa Harus Ikut Terlibat Mengoptimalisasikan PAD

Man/BERITA SAMPIT : Pj.Bupat Kobar Anang Dirjo, saat memberi sambutan pada acar a pengukuhan petugas pajak tingkat kecamatan. 

PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawarigin Barat (Kobar) terus melakukan upaya optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD), salah satunya aparatur pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa, harus ikut aktif terlibar mengoptomalisasikan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ).

Hal tersebut disampaikan Pj.Bupati Kobar Anang Dirjo dalam rapat koordinasi yang diikuti oleh aparatur di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa. Di Ballroom Britz Hotel Pangkalan Bun, Senin 28 November 2022. Sekaligus acara pengukuhan petugas pengelola pajak daerah di tingkat desa dan kelurahan oleh Penjabat (Pj.) Bupati Kobar.

Dalam kegiatan yang juga dihadiri unsur Forkopimda ini juga dilaksanakan peluncuran aplikasi Betang Mobile Bank Kalteng dan sistem monitoring pajak berbasis geospasial.

BACA JUGA:   Membantu Pengembangan Obyek Wisata, Kolam Pemancingan Perlu Perhatian Dari Pemkab Kobar

Sistem monitoring pajak berbasis geospasial perlu dibantu oleh aparatur di desa dan kelurahan yang ditunjuk sebagai petugas pengelola pajak daerah, dimana akan mengelola pajak daerah di wilayahnya mulai dari menghimpun data-data objek pajak, mendaftarkan objek pajak, mendistribusikan ketetapan pajak, menghimpun pembayaran pajak dan menyetorkan pajak yang telah dihimpun ke kas daerah.

Pj. Bupati Anang Dirjo,menyampaikan telah banyak upaya yang ditempuh oleh Pemkab Kobar dalam, guna pencapaian target penerimaan pajak daerah yang telah ditetapkan, diantaranya dengan pembuatan inovasi pelayanan pajak daerah untuk memudahkan wajib pajak dalam membayar pajak.

BACA JUGA:   Inilah Surat Edaran Pj. Bupati Kobar Tentang Penyelenggaraan Kegiatan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2023

Pada kesempatan terseburt, juga Pj. Bupati berpesan agar pelayan pajak harus dibuat semudah mungkin.

“Kita harus beri layanan yang terbaik bagi masyarakat, membayar pajak harus mudah dan cepat,” kata Anang Dirjo.

Dalam kesempatan ini Anang Dirjo berharap dukungan dari seluruh aparatur mulai dari tingkat kecamatan, desa dan kelurahan.

“Mari bersama-sama kita bersinergi untuk membangun kabupaten Kotawaringin Barat yang kita cintai ini,” pesan Anang Dirjo. (Man)