SMPN 3 Sampit Tanamkan Kesehatan Mental Siswa Melalui Program P5

IST/BERITA SAMPIT - Sejumlah siswa sedang membuat video yang nantinya akan dibuat menjadi film pendek sebagai bahan presentasi dalam kegiatan P5, Senin 28 November 2022.

SAMPIT – Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pelajaran yang juga ditanamkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, dalam upaya menanamkan kesehatan mental siswa, sehingga tercipta rasa kenyamanan dan kesejahteraan di sekolah.

“Untuk P5 tahun ini telah kita jalankan, sebelumnya tentang kewirausahaan, dan yang saat ini kita mengusung tema Bangkitlah Jiwa dan Raga, yang menyampaikan tentang kesehatan mental siswa,” kata Wakil Kepala Sekolah Bagian Akademik SMPN 3 Sampit Widagdo, Senin 28 November 2022.

BACA JUGA:   Ini Program Rencana Kerja Damang Tualan yang Dijalankan Awal 2023 

Hasil dari P5 ini nantinya akan dipresentasikan para siswa melalui video atau film berdurasi pendek yang dibuat oleh para siswa.

“Film pendek ini nantinya juga akan dimuat dalam YouTube SMPN 3 Sampit, biar masyarakat juga bisa melihat film pendek tersebut,” jelasnya

Widagdo menambahkan, proyek kedua bertemakan bangkitlah jiwa dan raga ini diharapkan siswa menyadari pentingnya menanamkan atau menjalankan kesehatan mental, jiwa maupun raga mereka.

“Terutama kesehatan mental, seperti dikelas tidak boleh ada bully dan tidak merasa nyaman didalam kelas, adanya kesadaran, kesejahteraan dan nyaman siswa di sekolah,” katanya.

BACA JUGA:   Ini Jenis Pelayanan Terpadu Tiap Lantai di RSUD dr. Murjani Sampit

“Dalam waktu dekat ini, kita akan segera launching video yang mempresentasikan pembelajaran sikap siswa bisa agar menyadari seperti apa kesehatan mental agar mereka bisa optimis dan bersikap positif,” imbuhnya

Pada intinya,Widagdo menyampaikan bahwa P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila. (ilm).