Desa Wisata Diharapkan Mampu Bangkitkan Ekonomi dan Membuka Lapangan Kerja

Tim pendamping dan penilai desa wisata saat melakukan dialog dengan masyarak calon desa wisata.

KASONGAN – Desa Jahanjajang yang berada di wilayah Selatan Katingan ini memiliki objek wisata mulai dari wisata alam sampai wisata budaya serta kuliner, yang digagas oleh masyarakat desa.

Selain memiliki keindahan Danau Bulat, Desa Jahanjang memiliki potensi danau-danau yang sangat indah dan nikmat disusuri. Potensi ini diyakni mampu mendorong produk ekonomi kreatif masyarakat.

Seperti diungkap warga bernama Aldi Efendi, ia berharap desa wisata ini bisa membuka peluang wisata baru dan kerja untuk masyarakat di sana pastinya.

“Yang pasti, dengan adanya kawasan wisata baru nantinya, masyarakat lokal bisa mengenalkan macam-macam produk lokal khas kalimantan pastinya dan bisa menopang perekonomian masyarakat, semoga kedepanya bisa bermanfaat untuk masyarakat  Jahanjang dan desa sekitarnya,” harapnya.

Ditempat yang sama Sekretris Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Katingan Ramang mengatakan pihaknya akan terus mendukung dengan harapan desa wisata ini menjadi peluang usaha dan peluang kerja.

Selain wisata danau, desa Jahanjang juga memiliki agrowisata, sebagian besar penduduk di desa ini bermata pencaharian sebagai nelaya, sehingga wisatawan bisa melihat langsung kegiatan menangkap ikan dengan alat tradisional dan di desa ini bisa menjadi pilihan bagi wisatawan.

“Kesan saya ke desa ini seru dan menarik karena banyak kejutan yang menurut saya bisa ditampilkan sebagai daya tarik utama. Jadi, saya sudah melihat antusiasme warga. Jadi ini pariwisata berbasis masyarakat juga,” pungkasnya.

(Kawit)