Festival Budaya Gawi Barinjam Sukamara Dimulai

ENN/BERITA SAMPIT - Tari Gelang Dadas yang ditampilkan para siswa sekolah menengah atas di Kabupaten Sukamara pada pembukaan Festival Budaya Gawi Barinjam.

SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata setempat menggelar Festival Budaya Gawi Barinjam (FBGB) yang dipusatkan di Lapangan Koramil Kecamatan Sukamara.

Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi membuka secara langsung kegiatan tahunan tersebut dengan cara menyulut api untuk olahraga tradisional sepak bola api yang disaksikan Forkopimda.

Ahmadi mengatakan jika kegiatan FBGB merupakan upaya pemerintah dalam mempertahankan budaya asli Kalimantan Tengah khususnya Sukamara.

BACA JUGA:   Sembilan Desa di Sukamara Terima Sertifikat dan Lencana Desa Mandiri

“Kegiatan ini merupakan upaya kita dalam mempertahankan budaya kita, agar tetap ada dan tidak hilang terlupakan,” kata Ahmadi saat membuka kegiatan pada Selasa 29 November 2022 malam.

Langkah dan upaya pelestarian nilai budaya perlu dilakukan agar nilai positif dari warisan leluhur tidak luntur dan sirna.

“Selain itu budaya dan warisan leluhur kita tidak tergerus dengan budaya asing yang saat ini gencar sekali untuk masuk ketengah masyarakat kita,” jelas Ahmadi.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Upayakan Bantu Guru Pengajar Pesantren Nurul Hijrah

Masyarakat Sukamara tumpah ruah menyaksikan pertandingan dan lomba yang langsung digelar pada malam pembukaan FBGB tahun 2022 yaitu sepak bola api.

Dengan antusias memberikan dukungan kontingan terhadap kontingen yang tengah bertanding. (enn).