Kolaborasi Masyarakat Diharapkan dalam Desa Wisata

Sekretris Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Katingan Ramang saat menyerahkan bantuan ke tokoh masyarakat desa Jahanjang.

KASONGAN – Desa Jahanjang, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah masuk empat calon Desa Wisata. Melalui kolaborasi masyarakatnya, Sekretris Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Katingan Ramang meyakini desa ini bisa membuka peluang usaha berkelanjutan.

Demikian dikatakan Ramang saat berkesempatan mengunjungi desa tersebut pada Minggu, 27 November 2022. Dia mengatakan, penetapan desa wisata didasarkan pada dua kriteria yaitu persyaratan teknis dan persyaratan administrasi. Hal itu sesuai dengan Pasal 10 dan 11 Peraturan Bupati Katingan Nomor 17 Tahun 2022  tentang Penyelenggaraan Desa Wisata.

Pada saat tim pendamping dan penilai desa wisata melakukan observasi ke calon desa wisata akan dibekali dengan form penilaian desa wisata. Form penilaian tersebut terdiri dari tujuh kriteria.

Tujuh kriteria itu adalah pertama, pemberdayaan masyarakat lokal dengan skor maksimal 72. Kedua, potensi atau daya tarik (atraksi) dengan skor maksimal 160. Ketiga, fasilitas atau sarana prasarana dengan skor maksimal 52.

Keempat, aksesibilitas dengan skor maksimal 28. Kelima, kelembagaan dan SDM dengan skor maksimal 40. Keenam, administrasi dengan skor maksimal 52 dan ketujuh, lingkungan fisik dengan skor maksimal 48. Total skor keseluruhan adalah 452.

Desa yang layak dikembangkan bila memenuhi persyaratan penilaian jumlah skor total paling rendah 50 persen+1 dari jumlah skor maksimum keseluruhan, jumlah skor pada tiap tema minimal mencapai 30 persen jumlah skor maksimum pada masing-masing tema.

Selanjutnya calon desa wisata minimal memiliki tiga tema dengan pencapaian di atas 50 persen jumlah skor maksimal pada tiap tema.

“Calon desa wisata akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan. Untuk itu mohon doa dan dukunganya agar semua yang kita cita-citakan untuk kemajuan desa serta ekonomi masyarakat bisa terwujud,” tuturnya.

Sebelumnya, rombongan juga melakukan pendampingan dan penilain terhadap desa Karuing dan disambut dengan seni budaya.

Kemudian kunjungan di Desa Jahanjang dilakukan penyambutan dengan adat Pesisir, dalam kesempatan itu, para rombongan mendengarkan  presentasi yang dipaparkan oleh kepala desa dan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Ramang menjelaskan, tujuan desa wisata adalah untuk mempromosikan desa baik ke wisatawan nasional maupun internasional.

(Kawit)