SMP Muhammadiyah Sampit Bentuk Karakter Siswa lewat Kegiatan Hizbul Wathan

IST/BERITA SAMPIT- Siswa-siswi SMP Muhammadiyah Sampit saat melaksanakan kegiatan Pramuka HW 

SAMPIT – SMP Muhammadiyah Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) rutin melaksanakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya Pramuka Hizbul Wathan (HW) yang wajib bagi seluruh peserta didik setiap Jumat sore.

“Hizbul wathan atau HW yang artinya pembela tanah air, adalah nama gerakan kepanduan dalam Muhammadiyah,” kata Kepala SMP Muhammadiyah Sampit Rohana, Selasa 29 November 2022.

Rohana menyampaikan kepanduan adalah sistem pendidikan luar sekolah yang membentuk dan membina watak anak, remaja dan pemuda dengan metode menarik, menyenangkan dan menantang serta dilaksanakan di alam terbuka.

“Pada dasarnya HW dan Pramuka sebagai gerakan kepanduan adalah sama yang tujuannya sama-sama mendidik anak bangsa,” ujarnya

Ia menambahkan pramuka HW khusus untuk sekolah Muhammadiyah mulai dari SD SMP dan SMA sederajat. HW lebih menekankan kepada kepanduan islami, dengan menerapkan akidah islam dalam setiap aspek kegiatan kepanduan.

“Jadi kegiatan dalam pramuka HW juga sama dengan pramuka pada umumnya,” imbuhnya

Dirinya berharap dengan total seluruh siswa SMP Muhammadiyah sampit 237 siswa dengan delapan rombel yang aktif mengikuti pramuka HW dapat meningkatkan pengalaman dan pengetahuan mereka.

“Juga diharapkan dapat tertanam sikap disiplin, mandiri, kreatif dan semangat gotong royong didalam diri siswa,” pungkasnya. (Nardi)