Pemkab Barito Timur Tuntaskan Pembangunan Jalan Lingkar Timur pada Tahun 2023

Bupati Barito Timur Ampera Y Mebas dan pejabat lainnya menggunakan trail mencoba melintasi jalan lingkar timur, Jumat (11/11/2022).ANTARA/HO-Dinas Kominfo Barito Timur.

TAMIANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Permukiman (PUPR Perkim) setempat menuntaskan pembangunan jalan lingkar timur dan sejumlah jalan lainnya pada 2023.

“Kita tuntaskan pada 2023. Saat ini jalan lingkar timur ini sudah dilaksanakan pengerasan dan tinggal peninggian badan jalan,” kata Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Rabu 30 November 2022.

Menurutnya, pekerjaan pengerasan jalan lingkar timur sudah selesai. Pada lokasi rawa sudah ditingkatkan dengan pengerasan dan sudah tembus.

Ampera juga mengakui sudah menjajal jalan tersebut dengan menggunakan motor trail bersama pejabat dan sejumlah warga lainnya.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Bartim Harap Ketua KONI Terpilih Mampu Memberikan Dampak Baik Bagi Olahraga

Selain diproyeksikan untuk mengurai kemacetan di dalam Kota Tamiang Layang, jalan lingkar juga diproyeksikan untuk penataan ruang perkotaan dan jalur angkutan bertonase besar.

“Jalan tersebut akan diserahkan ke Balai Jalan Nasional dan jalan protokol perkotaan Tamiang Layang diminta untuk daerah sehingga pemerintah daerah ke depannya bisa meningkatkan jalan perkotaan,” kata Ampera.

Jalan lingkar timur menghubungkan sejumlah desa yakni Desa Jaar, Desa Mangkarap, Desa Dorong dan Desa Haringen di Kecamatan Dusun Timur.

Selain menuntaskan jalan lingkar timur, sejumlah jalan juga dituntaskan pada tahun depan. Jalan itu di antaranya jalan Desa Gumpa – Marandi Desa Tewah pupuh. Peningkatan berupa pengerasan yang berlanjut hingga pengaspalan.

BACA JUGA:   KNPI Kabupaten Barito Timur Safari Ramadan di Tiga Kecamatan

Dipaparkan Ampera, pemerintah daerah sudah merancang peningkatan infrastruktur jalan yang menghubungkan tiga kecamatan yakni Kecamatan Dusun Timur, Patangkep Tutui dan Benua Lima.

Peningkatan infrastruktur jalan sebagai penghubung tiga kecamatan itu agar masyarakat bisa lebih cepat menuju ibu kota kabupaten yaitu, Kota Tamiang Layang.

“Kita juga merancang pengaspalan jalan Mangkarap – Simpang Nukung Desa Matabu. Jalan ini diharapkan memudahkan masyarakat dalam pencapaian perekonomian desa di tiga kecamatan tersebut. Tujuan akhirnya mensejahterakan masyarakat,” kata Ampera AY Mebas.

Peningkatan infrastruktur jalan juga ditingkatkan di sejumlah kecamatan lainnya di Kabupaten Barito Timur seperti Kecamatan Dusun Tengah, Paku, Pematang Karau dan lainnya.

(ANTARA)