Australia Melaju ke 16 Besar setelah Kalahkan Denmark 1-0

Mathew Leckie mencetak gol ke gawang Denmark pada pertandingan Grup D Piala Dunia 2022 antara Australia melawan Denmark di Stadion Al Janoub, Rabu. (30/11/2022) (AFP/CHANDAN KHANNA)

JAKARTA – Australia mengalahkan Denmark 1-0 pada Rabu 30 November 2022 sekaligus melaju ke babak 16 besar Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 16 tahun berkat gol tunggal Mathew Leckie.

Dengan kemenangan di Stadion Al Janoub itu, Australia lolos sebagai peringkat dua Grup D di bawah Prancis, yang sudah terlebih dahulu lolos namun gagal mengamankan poin ketika menghadapi Tunisia, demikian catatan FIFA.

Dimotori Martin Braithwaite dan kapten Christian Eriksen tim Dinamit Denmark menciptakan lima tembakan dari dalam kotak penalti, dua di antaranya ke arah gawang, namun gelombang serangan dari Denmark belum mampu menggetarkan jaring the Socceroos.

Tidak ada gol yang tercipta pada paruh pertama, meski Australia juga tercatat tiga kali mengancam gawang Kasper Schmeichel.

BACA JUGA:   Indonesia Gagal ke Final Piala AFF 2022

Denmark terus mendominasi penguasaan bola setelah turun minum, namun mereka justru mendapat kejutan ketika Riley McGree dari sisi kiri memberi umpan jauh ke Mathew Leckie, yang sendirian melewati dua bek Denmark sebelum melesakkan tembakan yang tidak terlalu kencang namun terukur untuk mengecoh Schmeichel pada menit 60.

Fans Australia berselebrasi di tribun, mengetahui gol yang mereka butuhkan agar lolos ke 16 besar tercipta beberapa menit setelah Tunisia menempati peringkat kedua, dengan keunggulan selisih gol, untuk waktu yang singkat setelah menjebol gawang Prancis pada pertandingan lainnya di Grup D.

Masuk menggantikan Mikkel Damsgaard, Kasper Dolberg nyaris mendapatkan hadiah penalti dari wasit Mustapha Ghorbal setelah dijatuhkan di kotak penalti, namun keputusan itu dianulir oleh hakim garis yang menyatakan sang pemain Denmark terlebih dahulu offside sebelum pelanggaran.

BACA JUGA:   Leg Pertama Final Piala AFF 2022: Thailand imbangi Vietnam 2-2

Schmeichel turut membantu lini serang Denmark saat mereka mendapatkan dua peluang dari tendangan sudut pada tambahan waktu enam menit. Akan tetapi, sundulan Andreas Cornelius masih terlampau tinggi dari gawang dan pada akhirnya Denmark harus tersingkir dari turnamen sebagai penghuni dasar grup dengan raihan satu poin.

Sementara itu, Tunisia mengakhiri penampilan mereka di Qatar di peringkat tiga menyusul kemenangan 1-0 atas Prancis, yang gagal menyamakan kedudukan setelah gol Antoine Griezmann dianulir VAR pada menit-menit terakhir.

(ANTARA)