Kepedulian Penanganan Stunting Menjadi Program Dasar TP-PKK Kelurahan Beriwit

IST/BERITA SAMPIT- TP-PKK Kelurahan Beriwit melalui Wakil Ketua, Linda Foresdianti bersama jajarannya melakukan kunjungan kepada seorang balita penderita pneumonia bernama Ahmad Banjir Pratama.

PURUK CAHU – Kepedulian terhadap penanganan stunting menjadi salah satu program dasar TP PKK Kelurahan Beriwit. Salah satunya, seperti yang dilakukan oleh TP PKK Kelurahan Beriwit beserta jajarannya yang bergerak cepat mengunjungi seorang balita penderita pneumonia bernama Ahmad Banjir Pratama yang merupakan warga gang Mahoni, Kelurahan Beriwit.

“Penanganan stunting harus dilakukan secara jemput bola, hal tersebut sesuai dengan apa yang menjadi arahan dari Ketua TP PKK Murung Raya, Lynda Kristiane Perdie. Karena sebagai TP PKK adalah tugas bagi kami untuk melayani ibu dan balita yang sedang mengalami masalah kesehatan,” ungkap Ketua TP PKK Kelurahan Beriwit melalui Wakil Ketua, Linda Foresdianti, Kamis 1 Desember 2022.

Lebih lanjut Linda, Pihaknya juga melakukan pendataan sekaligus mendengarkan secara langsung dari orang tua Ahmad Banjir Pratama apa yang menjadi penyebab kondisi bayi berusia 9 bulan tersebut terindikasi penyakit pneumonia.

“Berdasarkan penjelasan orangtua bayi tersebut bahwa memang selama ini yang bersangkutan tidak pernah sama sekali membawa anaknya untuk pemeriksaan kesehatan ke Posyandu terdekat yang ada di Kelurahan Beriwit, sehingga menyebabkan kondisi kesehatan bayi tidak terkontrol oleh pihak kesehatan,” lanjut Linda Foresdianti.

Selanjutnya, setelah adanya kunjungan serta pendataan langsung dari PKK Kelurahan Beriwit dan Kader Posyandu, orang tua Ahmad  Banjir Pratama berkomitmen akan rutin membawa anaknya ke Posyandu yang ditandai dengan penyerahan buku kartu menuju sehat Posyandu.

Tidak hanya itu, orangtua Ahmad Banjir Pratama juga diberikan bantuan berupa makanan tambahan berupa susu, biskuit , buah-buahan dan uang secukupnya dengan harapan dapat mengurangi beban keluarga tersebut.(Lulus)