Pemkab Barito Utara Tera Ulang Timbangan Pedagang dengan Cara Jemput Bola

UPT Metrologi Legal pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Barito Utara melaksanakan sidang tera atau tera ulang kepada masyarakat, baik pedagang warung, kios dan pedagang di Muara Teweh, Kamis (1/12/2022).ANTARA/Dokumentasi Pribadi

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian setempat melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Metrologi Legal melaksanakan sidang tera atau tera ulang kepada timbangan warga seperti pedagang dengan cara jemput bola.

“Tera ulang ini disambut baik oleh para pedagang secara antusias dan sangat berterima kasih sekali karena mereka (pedagang) tidak harus repot mengantarkan timbangannya ke kantor Metrologi, karena kita langsung di depan pintu toko mengambil langsung. Dulu kita arahkan ke kantor Metrologi Legal. Untuk tahun ini kita jemput bola,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Barito Utara Hajrannor melalui Kepala UPT Metrologi Legal, Erina Primayanti di Muara Teweh, Kamis 1 Desember 2022.

Menurut dia, tera ulang ini direncanakan selama 10 hari ke depan dan untuk Kecamatan Teweh Tengah semua warung-warung, kios akan di jemput bola atau didatangi ke tempat warga.

BACA JUGA:   Pemkab Barito Utara Dukung Penguatan Ekosistem UMKM

Tera ulang yang dilakukan pihaknya yaitu jenis alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) yang di tera antara lain, ukuran panjang, takaran (Basah, kering), anak timbangan, timbangan dacin logam, timbangan meja, timbangan pegas, timbangan senicimal, neraca dan timbangan eletronik.

Selain itu, kata dia, untuk timbangan jasa pengiriman ekspedisi seperti J&T, J&E, TIKI, Si Cepat, timbangan londry dan Indah Kargo akan didatangi semua. “Untuk saat ini kita akan fokus ke tera pedagang dulu, selanjutnya akan kita tera pengiriman barang, dan timbangan londry,” ucapnya.

Dia mengatakan, di dalam aturan menggantikan timbangan sebenarnya tidak diperbolehkan dengan barang yang serupa, jadi pedagang harus membeli anak timbangannya kembali. “Sampai di sini kita masih sosialisasi,” ucapnya.

BACA JUGA:   Pemdes Beringin Raya Bentuk Pengurus Lembaga Desa yang Baru

Ia juga mengharapkan, kegiatan tera ulang untuk pedagang untuk tahun ini pihaknya berharap bisa mencapai 80 persen untuk timbangan di Kabupaten Barito Utara bisa tertib ukur.

“Biar wilayah kita bisa mencapai daerah tertib ukur,” katanya lagi.

Dia menjelaskan, untuk masyarakat yang belum mengetahui tera ulang, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Barito Utara melalui UPT Metrologi Legal langsung menyosialisasikan dan membagikan brosur bagi pedagang yang tidak mengetahui tera timbangan.

Kegiatan tera ulang pada pedagang hari ini, jelasnya, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Barito Utara juga dapat bantuan tenaga tambahan dari Satuan Polisi Pamong Praja demi lancarnya peneraan kepada para pedagang yang ada di Kecamatan Teweh Tengah.

“Kami sekalian menyosialisasikan dan membagikan brosur untuk pedagang yang tidak tahu,” katanya.

(ANTARA)