Literasi Keluarga Bagian dari Penguatan Pendidikan Karakter 

M.Slh/BERITA SAMPIT - Bunda Literasi Kabupaten Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong 

KUALA KURUN –  Pemerintah terus berupaya mempercepat internalisasi kemampuan literasi siswa, guru, maupun orang tua baik di sekolah melalui gerakan literasi sekolah dan atau di keluarga melalui gerakan literasi keluarga.

Pada dasarnya orang tua memiliki peran besar dalam menciptakan lingkungan di rumah yang aman, nyaman, sehat, dan menyenangkan bagi anak-anak, sehingga mereka betah berada di dalam rumah.

Salah satu cara mewujudkan kondisi tersebut adalah dengan mengembangkan literasi keluarga melalui pengenalan buku-buku yang sesuai dengan usia dan kemampuan literasi anak-anak tersebut.

“Keluarga sebagai salah satu unit terkecil yang ada di masyarakat dapat menjadi kunci untuk membangun kemampuan literasi,” ungkap Bunda Literasi Kabupaten Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong belum lama ini.

BACA JUGA:   Pemkab Gumas Laksanakan Bimtek dan Pendampingan Penyusunan RKA-SKPD 2023

Lebih lanjut dikatakannya, dalam keluarga, peran orang tua sebagai perpustakaan pertama bagi anak-anak sangat strategis dalam mendorong pengembangan kegemaran membaca terhadap anak. Para orang tua dapat mengajak anakanaknya untuk membangun kemampuan mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung yang merupakan bagian dari literasi keluarga.

“Selain itu, keluarga merupakan miniature pendidikan utama dalam menstimulus pola perkembangan anak, baik dari aspek intelektual, emosional maupun spiritual,” tuturnya.

BACA JUGA:   Kapolres Gumas Laksanakan Jumat Curhat Bersama KPU 

Diungkapkannya, pembiasaan membaca di rumah meningkatkan rasa cinta membaca di lingkungan keluarga, meningkatkan kemampuan memahami bacaan dan berprikir kritis serta meningkatkan kemampuan menganalisis dan kemampuan verbal dalam mengulas informasi yang telah didapat dari bacaan.

“Mari kita bersama-sama memajukan Kabupaten Gunung Mas melalui masyarakat yang mengedepankan budaya literasi, budaya dan sejahtera guna mencerdaskan bangsa, negara terkhusus Kabupaten Gunung Mas sukses, Jaya dalam berkarya nyata,” tutup Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong. (ale)