Mantap Ide Dishub Kobar Membuka “Abon Muda”

IST/BERITA SAMPIT - Kadishub Kobar Amir Hadi saat memberi sambutan pada acara peresmian Abon Muda.

PANGKALAN BUN – Sekitar ruas Jalan Raya Pasir Panjang banyak dijadikan bongkar muat barang oleh truk-truk besar yang datang dan pergi dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai. Bertahun-tahun kegiatan bongkar muat barang yang berpotensi membahayakan pengguna jalan, sulit untuk ditertibkan.

Sekarang setelah Kepala Dinas Perhubungan Kotawaringin Barat dijabat Amir Hadi, kemudian koordinasi dengan Pemkab Kobar, akhirnya ide Dishub Kobar untuk membuka lahan baru Area Bongkar Muat Barang Daerah (Abon Muda) disetujui oleh Pemkab Kobar.

“Kemarin hari Jumat 2 Desember 2022, lokasi baru di ex Pabrik Jagung. Area Bongkar Muat Barang Daerah (Abon Muda) telah diresmikan oleh Plt. Sekda Kobar Bapak Juni Gultom,” kata Amrin Hadi, dikonfirmasi Senin, 4 Desember 2022.

Menurutnya, lokasi Abon Muda sebagai upaya untuk mengurangi terjadinya aktivitas bongkar muat barang di pinggir jalan raya Pasir Panjang, yang selama ini sering menjadi pergunjingan publik, karena berpotensi membahayakan pengguna jalan lainnya.

Pengalihan aktivitas bongkar muat di area eks Pabrik Jagung, kata Amir Hadi juga sebagai upaya untuk mengurangi kerusakan infrastruktur jalan di dalam Kota Pangkalan Bun yang hanya memiliki klasifikasi jalan kelas 3 yang maksimal beban muatan 8 ton.

“Biasanya kan sejumlah truk pengangkut barang dari luar pulau yang beratnya mencapai 30 ton tidak sesuai dengan klasifikasi kelas jalan di Kota Pangkalan Bun. Maka diarahkan untuk melakukan bongkar muat di lokasi yang baru, yang luasnya nanti dikembangkan mencapai 14 hektar,” ucap Amir Hadi.

Ke depan tambah Dia, pihaknya akan terus melakukan pengembangan secara bertahap di Abon Muda tersebut.

“Kedepannya di lokasi Abon Muda ini akan dilakukan bukan hanya aktivitas bongkar muat saja, namun juga akan menjadi kawasan pergudangan dengan harapan bakal tumbuh ekonomi baru di kawasan ini. Khususnya Abon Muda ini juga bisa mendongkrak peningkatan pendapatan asli daerah (PAD),” jelas Amir Hadi.

Pelaksana Tugas Sekda Kobar, Juni Gultom mengatakan bahwa prospek perekonomian Kabupaten Kobar ke depannya bakal semakin berkembang.

“Lokasi Abon Muda salah satu inovasi baru dalam rangka menggerakkan perekonomian melalui sektor perdagangan. Inovasi ini tentunya harus didukung dan mampu ke depannya menjadikan peningkatan bagi PAD Kobar,” kata Juni.

Pemkab Kobar lanjut Juni, sangat mengapresiasi terhadap ide dan program Dinas Perhubungan yang telah memanfaatkan Eks Pabrik Jagung dijadikan lahan baru Abon Muda.

“Harapan saya, semua SKPD di Kabupaten Kobar memiliki inovasi baru, menggali program-program yang bermanfaat dan berdampak kepada perekonomian dareh dan UMKM , sehingga masyarakat Kobar kedepannya semakin sejahtera,” pungkas Juni Gultom. (Man).