Pramuka Andalan Kwarran Baamang Ikuti Pelatihan Mengenal Jenis Ular

IST/BERITA SAMPIT - Pramuka Andalan Ranting dan Dewan Kerja Ranting Baamang saat mengikuti pelatihan penyelamatan dan pengenalan jenis-jenis ular.

SAMPIT – Pramuka Andalan Kwartir Ranting (Kwarran) Baamang mengikuti pelatihan mengenal jenis ular dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pada Minggu 4 Desember 2022.

Kepala Kwarran Baamang Dadang H Syamsu menyampaikan kegiatan tersebut dalam upaya memberikan pengetahuan penyelamatan dan pengenalan jenis-jenis ular yang berbisa dan tidak berbisa kepada Andalan Ranting dan Dewan Kerja Ranting Baamang.

BACA JUGA:   Kerusakan Jalan di Mentaya Hulu, DPRD Kotim: 2025 Akan Diperbaiki

“Instruktur dari Damkar, sedangkan peserta adalah pramuka dewan kerja Ranting Baamang,” kata Dadang.

Pelatihan ini guna meningkatkan kapasitas dan mendalami kepandaian terkait mengevakuasi ular, baik berbisa maupun tidak berbisa.

Dengan pelatihan ini, para anggota pramuka lebih meningkatkan kemapuan saat berhadapan dengan satwa liar dan hewan berbisa lainnya, dan juga bagaimana penanganan jika terjadi insiden nantinya.

BACA JUGA:   Camat Mentaya Hulu Imbau Warga Tidak Melintas Jalan Rusak yang Sedang Diperbaiki

Kemudian juga nanti mereka akan bisa mendalami karakteristik berbagai macam ular, terutama ular berbisa bagaimana teknik menangkap dan jarak aman ketika mengevakuasi.

“Kami juga berharap nantinya para anggota pramuka lebih mencintai satwa liar dan mampu melakukan penanganan dan evakuasi ular maupun binatang berbisa lainnya,” pungkasnya. (Nardi).