Bupati Kotim Naikkan Alokasi Dana Desa 2023 dan Tunjangan Kades

NARDI/BERITA SAMPIT- Bupati Kotim Halikinnor saat menyampaikan sambutan dalam acara Peningkatan Kapasitas dan penyuluhan anti Korupsi bagi Aparatur Pemerintah Desa di Kabupaten Kotim di Gedung Serbaguna Sampit pada Selasa, 6 Desember 2022.

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor menyampaikan, Alokasi Dana Desa (ADD) anggaran 2023 dinaikkan, dan ini merupakan kenaikan tertinggi yang pernah dilakukan sejak ada ADD dalam APBD Kotim supaya perangkat bisa leluasa mengelola desanya.

“Selain itu, tunjangan kepala desa perangkat desa juga dinaikkan agar kinerja mereka yang sudah bagus bisa semakin baik kedepannya,” kata Halikin pada sambutan acara peningkatan kapasitas dan penyuluhan anti korupsi bagi Aparatur Pemerintah Desa di Kabupaten Kotim, di Gedung Serbaguna Sampit pada Selasa, 6 Desember 2022

BACA JUGA:   Masyarakat Diingatkan Waspada Kerawanan di Tahun Politik

Halikin tidak menyebutkan angka dalam rupiah namun ia memastikan dana diberikan akan maksimal, ia menilai bahwa tugas kepala desa cukup banyak mulai dari kebutuhan administrasi penduduk sampai membangun kesejahteraan di desa.

“Tunjangan untuk kades dan perangkat desa ini sebagai motivasi untuk bisa memberikan kinerja yang maksimal dalam membangun desa,” ujarnya.

Kinerja sudah baik diharapkan dapat meningkat lagi, Ia menilai setiap desa punya potensi sumberdaya yang bisa dikelola sehingga dapat menjadi desa mandiri nantinya

BACA JUGA:   Sidang Lanjut Pembuktian, Nota Keberatan Pengurus LSM ini Tidak Dapat Diterima

“Desa mandiri di Kotim saat ini ada tujuh, dari total 168 desa. Kami harapkan bisa terus meningkat sampai 30 bahkan hingga 50 desa menjadi desa mandiri,” ujarnya.

Ia berharap dengan dinaikkan ADD maka desa-desa dapat mempergunakannya untuk berbagai keperluan pembangunan di desa atau kebutuhan lainnya sesuai keadaan desa masing-masing.

“Hal tersebut sebagai bentuk pemerataan pembanguan di Kotim sampai ke pelosok-pelosok desa untuk bisa terus berkembang,” pungkasnya. (Nardi).